Connect With Us

Respon Menteri Susi, DLH Bareng Ganespa Angkuti Sampah Situ Tujuh Muara

Yudi Adiyatna | Kamis, 8 Maret 2018 | 14:00

| Dibaca : 1466

Sekelompok masyarakat dari OKP Ganespa bersama puluhan personel Dinas Lingkungan Hidip (DLH) Tangs melakukan aksi turun langsung ke Situ Ciledug atau Tujuh Muara di Kelurahan Pondok Benda, Pamulang,Tangsel. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Sekelompok masyarakat dari OKP Ganespa bersama puluhan personel Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tangs melakukan aksi turun langsung ke Situ Ciledug atau Tujuh Muara di Kelurahan Pondok Benda, Pamulang,Tangsel. Mereka mengangkut tumpukan sampah yang menumpuk di sekitar pinggiran permukaan air.

Aksi ini dilakukan Pasca viralnya cuitan dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kepada Wali Kota Tangsel Airin Rachmy Diany yang meminta agar Airin mem-follow up keluhan masyarakat soal kondisi memprihatinkan Situ 7 Muara di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangsel.

Tumpukan sampah dan eceng gondok langsung diangkut ke mobil truk milik Dinas Lingkungan Hidup setempat.

"Ada satu unit truk yang tadi kami terjunkan ke lokasi," kata Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Tangerang Selatan Wisman Syah, Kamis, (7/3/2018).

Ia menerangkan, program kebersihan pengangkutan sampah di situ-situ Kota Tangerang Selatan akan lebih diintensifkan lagi. Tentunya pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendirian dalam upaya perawatan lahan konservasi dan daerah resapan air.

"Kalau kerjasama dilakukan secara utuh, saya percaya persoalan sampah di situ-situ tidak akan jadi masalah serius," terang Wisman.

Terpisah di lokasi sama, Ahmad Sadoni perwakilan dari OKP Ganespa menyatakan hal senada. Ia bersama rekan-rekannya dari organisasi kepemudaan (OKP) Ganespa ikut turun membantu mengangkuti sampah di Situ Tujuh Muara.

"Perlu kerjasama juga dari masyarakat sekitar. Khususnya warga yang berwirausaha di sekitar bantaran situ," ungkapnya.

Doni menegaskan, upaya perawatan kelestarian lingkungan tidak adil bila hanya diserahkan kepada satuan kerja perangkat daerah. Ia melihat pencemaran air sudah terjadi di Situ Tujuh Muara dan mesti segera diatasi agar tidak semakin parah. "Air situ sudah bercampur dengan minyak goreng dan ampas tahu," tegas Doni.(RAZ/RGI)

MANCANEGARA
Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Senin, 19 November 2018 | 14:43

TANGERANGNEWS.com-Makanan berlapis emas bukan sesuatu yang asing lagi saat ini. Kini banyak restoran yang menyediakan menu tersebut, seiring

SPORT
Ditekuk Kalteng Putra, Persita Gagal Promosi ke Liga 1

Ditekuk Kalteng Putra, Persita Gagal Promosi ke Liga 1

Selasa, 4 Desember 2018 | 20:00

TANGERANGNEWS.com-Langkah skuad Pendekar Cisadane, Persita untuk masuk ke promosi Liga 1 terhenti setelah kalah saat bertanding melawan Kalteng Putra di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (4/12/2018).

OPINI
Lebak, Si Kaya Akan Pasir, Miskin Akan Kesejahteraan

Lebak, Si Kaya Akan Pasir, Miskin Akan Kesejahteraan

Kamis, 6 Desember 2018 | 17:00

Tambang pasir legal maupun ilegal dibeberapa kecamatan di Kabupaten Lebak tak dapat memperbaiki ekonomi sekitar, bahkan lebih banyak mudaratnya.

"Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi seperti apa yang Anda inginkan."

George Elliot