Connect With Us

Calon Komisioner KPU Tangsel Akan Diuji Publik

Yudi Adiyatna | Rabu, 28 Maret 2018 | 10:00

| Dibaca : 870

Para peserta mengikuti tes psikologi (psikotes) demi lolos menjadi calon komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tangsel. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)


TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 28 kandidat calon komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tangsel, telah mengikuti tahapan tes psikologi (psikotes) yang dilakukan oleh Panitia Tim Seleksi (Pansel) yang ditunjuk oleh KPU Banten.

Ketua Tim Pansel KPU Banten, Suwaib Amir mengatakan bahwa tahapan psikotes tersebut cukup penting, guna mengetahui seperti apa kondisi kejiwaan para peserta dan emosi seseorang sebelum akhirnya terpilih sebagai komisioner KPU.

“Uji Psikotes ini lanjutan dari tes tertulis yang sudah kita lakukan beberapa waktu lalu dan tes ini sangat penting, karena dengan begini kita bisa melihat seperti apa para peserta ini nantinya bisa menangani persoalan yang ada,” ungkapnya.

BACA JUGA :

Usai dilakukan psikotes nantinya para peserta akan melalui tahapan uji publik, atau meminta tanggapan masyarakat terhadap seluruh peserta yang saat ini masih mengikuti rangkaian tes.

“Setelah ini, kami akan pilih 20 nama yang masuk ke tahapan selanjutnya yaitu tes kesehatan dan wawancara, dan sekaligus meminta tanggapan masyarakat terkait nama-nama yang nanti akan kami umumkan,” ungkapnya.

Suwaib mengatakan, dari uji publik itu nantinya akan bisa diketehui seperti apa rekam jejak para peserta tersebut, misalnya apakah pernah tercatat berafiliasi terhadap salah satu partai, atau memiliki rekam jejak lainnya.

“Semua masukan dari masyarakat itu akan menjadi masukan bagi kami, terutama pada saat nantinya kita tes wawancara, jika ada tanggapan buruk, tentunya akan ktia klarifikasi pada saat tes wawancara nantinya,” ungkapnya.

Jika dari hasil tanggapan masyarakat nantinya memang terbukti ada calon yang memiliki rekam jejak buruk maka Pansel akan memberikan catatan minus terhadap peserta tersebut.

“Karena menurut kami tanggapan masyarakat ini menjadi bukti-bukti penting, untuk memberikan penilaian terhadap para kandidiat ini. Kalau memang nantinya terbukti, maka akan menjadi penilaian minus bagi kami,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Banten Agus Supriyatna mengatakan, dari proses seleksi calon komisioner KPU Tangsel ini siapa pun nantinya yang terpilih merupakan sosok yang terbaik.

“Kami juga berharap mereka bisa menjalankan tugasnya seusai dengan aturan-aturan yang mengikat kepada mereka, dan bisa pula menjadi penyelenggara yang baik dan jujur,” katanya.(RAZ/HRU)

KOTA TANGERANG
Komplotan Curanmor & Penadah di Tangerang Diciduk Polisi

Komplotan Curanmor & Penadah di Tangerang Diciduk Polisi

Selasa, 16 Oktober 2018 | 20:53

TANGERANGNEWS.com-Sembilan pelaku sindikat pencurian kendaraan bermotor roda dua (curanmor) beserta delapan sepeda motor berbagai merek

TOKOH
Ita Nurhayati, Komisioner KPU Perempuan Pertama di Kabupaten Tangerang

Ita Nurhayati, Komisioner KPU Perempuan Pertama di Kabupaten Tangerang

Senin, 3 September 2018 | 15:22

TANGERANGNEWS.com-Kaum perempuan semakin memantapkan kiprahnya di ruang publik, salah satunya Ita Nurhayati, Komisioner KPU Kabupaten Tangerang Divisi Program dan Data.

"Hidup lah untuk memberi yang sebanyak-banyaknya, bukan untuk menerima yang sebanyak-banyaknya"

Andrean Hirata