Connect With Us

Dinkes Tangsel Tes Kebugaran Ratusan Calon Jemaah Haji

Advertorial | Kamis, 12 April 2018 | 19:00

Dinas Kesehatan Tangerang Selatan melakukan tes kebugaran bagi ratusan calon jemaah haji asal Tangsel,di kawasan Tandon Ciater, Serpong Kamis (12/4/2018). (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Kesehatan Tangerang Selatan melakukan tes kebugaran bagi ratusan calon jemaah haji asal Tangsel yang akan di berangkatkan di musim haji tahun 2018 ini. 

Tes kebugaran yang dilakukan di kawasan Tandon Ciater, Serpong ini diikuti oleh sekitar 320 peserta calon jemaah haji dari seluruh Tangsel dengan usia antara 19 sampai 74 tahun.

"Jumlah calon jemaah haji kita tahun ini 1.300-an. Saat ini yang mengikuti tes kebugaran tahap 2 dengan total peserta 320 orang,"ujar Pipin Zaenal Mutaqin ,pemegang Program Kesehatan Kerja dan Olahraga, Dinkes Tangerang Selatan,  kepada Tangerangnews.com, Kamis (12/4/2018)

BACA JUGA:

Tes kebugaran calon jemaah haji ini pun dilakukan mengikuti peraturan Permenkes Nomor 15/2016 tentang Isthitaah kesehatan jemaah haji. 

Dimana tes kebugaran yang dilakukan berupa Rockport tes , dimana jemaah diminta menempuh jarak 1.600 meter baik itu dengan berjalan, jogging maupun lari , pengecekan tensi tekanan darah, pengecekan gerak fungsi anggota badan, pengukuran berat dan tinggi badan, serta assasment terkait riwayat penyakit yang pernah diderita calon jemaah haji.

"Jemaah haji yang mau berangkat harus tercatat tingkat kebugarannya minimal cukup, supaya tahu cukup tidaknya tingkat kebugaran ya dites. Agar siap fisik disaat menjalankan Ibadah Haji," terangnya.

Selain itu, jika nantinya terdapat calon jemaah haji yang belum cukup tingkat kebugarannya, maka akan disarankan mengikuti program pelatihan khusus guna meningkatkan tingkat kebugaran. Seperti berolahraga rutin, menjalankan pola hidup sehat dan pengecekan kesehatan secara rutin sebelum jadwal keberangkatan ke tanah suci.

"Kalau nantinya ada calon jemaah haji yang tingkat kebugarannya kurang, bisa dilakukan latihan di rumah. Tujuannya agar nanti saat pemberangkatan semua jamaah haji memiliki tingkat kebugaran minimal cukup, sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dengan mandiri. Karena sama-sama kita ketahui bahwa ibadah haji adalah ibadah yang banyak melibatkan aktivitas fisik,"tandasnya

Hasil tes kebugaran sendiri akan dikeluarkan dalam waktu dua sampai tiga hari kedepan dan nantinya akan dikirimkan melalui Puskesmas atau KBIH setempat dimana calon jemaah haji tersebut tinggal.(ADV)

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

TANGSEL
Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Jumat, 19 April 2024 | 20:50

Beredar video di media sosial proses evakuasi seekor kucing terjebak di ruko, tepatnya di Ruko Kebayoran Square C-08, Bintaro, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

KOTA TANGERANG
Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Pendatang Baru Wajib Tahu, Ini Syarat Urus Pindah Domisili ke Kota Tangerang

Jumat, 19 April 2024 | 18:40

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang mengimbau para pendatang yang ingin menetap di Kota Tangerang agar segera mengurus administrasi kependudukannya.

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill