Connect With Us

Rendahkan Budaya Betawi, Pemkot Tangsel Diminta Razia Pengamen Ondel-ondel

Yudi Adiyatna | Jumat, 11 Mei 2018 | 18:00

Atraksi Ondel-ondel Khas Betawi. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANNGEWS.com-Ketua DPRD Tangsel H Moch Ramlie menyebut maraknya atraksi pengamen ondel-ondel yang sering mengamen di jalan raya dan di tempat-tempat umum lainnya di wilayah Tangsel merendahkan martabat Budaya Betawi.

Pria yang akrab disapa sebagai Haji Abie ini menilai pertunjukan ondel-ondel merupakan bagian dari kebudayaan Betawi yang oleh karenanya mesti dijaga keluhuran nilai dan tradisinya.

"Begini, jadi kita sepakat bahwa ondel-ondel itu enggak bisa buat mengamen, artinya itu kan salah satu martabat kita, kebudayaan bagian dari pada martabat juga kan," jawab Moch Ramlie ketika dihubungi TangerangNews.com, Jumat (11/5/2018).

Menurut Moch Ramlie yang juga merupakan tokoh masyarakat Betawi, dirinya merasa prihatin pertunjukan ondel-ondel dijadikan obyek mengais belas kasih dan terkesan boneka besar khas Betawi itu yang dulunya memiliki nilai adiluhung dan hanya ditampilkan di perayaan-perayaan tertentu, kini malah terdegradasi nilainya dan mudah di jumpai di pinggir jalan.

"Kalau martabat kita umpama buat ngamen, bagaimana kan begitu. Jadi ondel-ondel itu bisa dilakukan pertunjukan kan hanya pada waktu-waktu tertentu, pada kegiatan-kegiatan Betawi, di hajatan, sunatan. Itukan bukan ngamen, tapi merupan panggilan," paparnya.

Dirinya pun menyebut, jika saat ini DPRD Tangsel tengah menyusun Raperda Pelestarian Budaya Betawi dan akan memasukkan Ondel-ondel sebagai salah satu ciri khas kebudayaan Betawi yang perlu di lestarikan. 

"Ondel-ondel adalah bagian dari budaya Betawi. Kita akan masukan ke Raperda bahwa Ondel-ondel adalah budaya betawi yang perlu dilestarikan," terangnya.

Dirinya bahkan mengatakan Prinsip orang Betawi adalah tangan diatas lebih mulia daripada tangan di bawah sehingga dirinya pun meminta Pemerintah menertibkan keberadaan ondel-ondel yang berasa di jalanan.

"Razia ondel-ondel di Jalanan," tegas Politisi Partai Golkar ini.(RAZ/RGI)

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill