Connect With Us

Setahun Peristiwa Situ Gintung, Korban Dapat Rp1,5 Miliar

Denny Bagus Irawan | Kamis, 25 Maret 2010 | 17:03

| Dibaca : 23522

Ratusan korban Situ Gintung menunggu giliran mendapatkan bantuan dari Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah beberapa waktu lalu di samping Wisma Kertamukti 1. (tangerangnews/dens / tangerangnews/dira)

 
TANGERANGNEWS.com-Korban peristiwa jebolnya Situ Gintung, di Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan akan mendapat bantuan dari APBD Kota Tangerang Selatan sebesar Rp1,5 miliar pada 27 Maret 2010 yang bertepatan setahun peristiwa tersebut.
 
Bantuan itu akan diberikan kepada 512 kepala keluarga sisa korban Situ Gintung yang belum menerima bantuan dari jumlah korban sebanyak 614 kepala keluarga.
 
Pembagian bantuan adalah dana hibah yang berasal dari Pemkab Tangerang. Itu akan dilaksanakan pekan ini  oleh Pemerintah Kota Tangsel.
 
“Kalau tidak ada halangan, kemungkinan pekan depan atau persisnya tanggal 27 Maret mendatang dana hibah tersebut itu sudah bisa dibagikan kepada warga korban tragedi Situ Gintung,” ujar penjabat Wali Kota Tangerang Selatan, Shaleh MT, siang ini.
 
 


Ditanya tentang keterlambatan pembagian dana hibah tersebut, Shaleh menyatakan hal itu lebih disebabkan karena ketatnya proses administrasi pemerintahan yang berlaku saat ini. Sebab, Sebelum dibagikannya dana tersebut karena harus terlebih dahulu masuk ke dalam perencanaan APBD Kota Tangsel Tahun 2010.
Ditanya soal, akan mendapat berapa satu korban bencana tersebut, Shaleh mengaku, besarannya berbeda-beda. Semua tergantung dengan ukuran rumah, nilai jual obek tanah dan kerusakan bangunan dan luas tanah.
 
 
Ketua Posko Situ Gintung, sekaligus Asda I Pemkot Tangerang Selatan Ahadi menjelaskan, pihaknya saat ini masih terus melakukan rapat agar anggaran itu bisa diserahkan bertepatan dengan setahun tragedi jebolnya Situ Gintung yang dipastikan menewaskan 90 orang itu. “Kita sedang terus berusaha agar bisa bertepatan, karena tidak mudah mempertanggung jawabkannya,” katanya.
 
Sebelumnya, korban Situ Gintung telah mendapat bantuan dari Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah sebesar Rp5 juta per kepala keluarga yang berjumlah sebanyak 295 kepala keluarga. Namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada 2010 ini, jumlahnya membengkak hingga mencapai 614 kepala keluarga.
 
Seperti diketahui, berdasarkan catatan Ketua Identifikasi Korban Bencana Alam  Kombes Pol Agus Prayitno,  musibah jebolnya tanggul Situ Gintung yang terjadi pada 27 Maret 2009 lalu dipastikan hanya 90 orang, jumlah tersebut lebih kecil dibandingkan jumlah yang sebelumnya dipublikasi mencapai 100 orang. Dari 90 jiwa yang tewas, 87 teridentifikasi dan tiga orang belum teridentifikasi. Saat ini sejumlah korban masih menghuni di lokasi penampungan di Kertamukti II. Sedangkan di lokasi penampungan Kertamukti I sudah tidak ada, karena mengontrak.(dee)

 

BANTEN
301 Kg Ganja Tujuan Tangerang Dimusnahkan BNN

301 Kg Ganja Tujuan Tangerang Dimusnahkan BNN

Rabu, 21 Oktober 2020 | 19:36

TANGERANGNEWS.com-Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten memusnahkan barang bukti kejahatan narkotika jenis ganja sebanyak 301 kilogram. Pemusnahan barang terlarang itu dengan cara dibakar

AYO! TANGERANG CERDAS
Pelajari Ilmu Jurnalistik hingga Kewirausahaan, 15 Peserta Rampungkan The Journalist Fellowship Program 

Pelajari Ilmu Jurnalistik hingga Kewirausahaan, 15 Peserta Rampungkan The Journalist Fellowship Program 

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 12:20

The Journalist Fellowship Program tahap pertama (Batch I) yang merupakan kolaborasi dari konsultan komunikasi Maverick Indonesia dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, rampung kemarin.

BISNIS
Wakili Banten, DKapster Masuk Finalis Top 25 UKM se-Indonesia 

Wakili Banten, DKapster Masuk Finalis Top 25 UKM se-Indonesia 

Selasa, 27 Oktober 2020 | 11:53

TANGERANGNEWS.com–Penyedia layanan cukur rambut online, DKapster akhirnya masuk dalam finalis top 25 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Award tahun 2020, setelah menyisihkan ratusan peserta lainnya se-Indonesia

KOTA TANGERANG
Dua Ormas Bentrok, Kapolsek Ciledug Tangerang & 1 Korban Tergeletak  

Dua Ormas Bentrok, Kapolsek Ciledug Tangerang & 1 Korban Tergeletak  

Kamis, 29 Oktober 2020 | 06:14

Wilayah Ciledug, Kota Tangerang yang merupakan pemukiman padat seakan tidak pernah sepi. Selalu saja ada keributan organisasi massa di wilayah tersebut.

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil