Connect With Us

Pejabat Tangsel Belajar Smartcity ke Risma

Yudi Adiyatna | Kamis, 24 Mei 2018 | 13:00

Wakil Wali kota Tangsel Benyamin Davnie dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ketika bertemu di Surabaya. (TangerangNews.com/2018 / Yudi Adiyatna)

 

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan mengunjungi ibu kota Provinsi Jawa Timur, Surabaya dalam rangka mempelajari penerapan aplikasi smart city.

 Dalam kunjungan yang dipimpin oleh Wakil Wali kota Tangsel Benyamin Davnie tersebut, rombongan  diterima langsung oleh Wali kota Surabaya Tri Rismaharini yang biasa disapa Risma di kantornya, Rabu (23/5/2018).

“Kami sengaja datang ke Pemerintah Kota Surabaya ini tidak lain untuk mempelajari sistem smart city. Agar semoga nanti bisa kita terapkan di tempat kita agar lebih mempermudah pekerjaan kami” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, diantaranya dipelajari mengenai aplikasi E-commerce dan E-Payment yang telah di terapkan di Surabaya untuk nanti diadopsi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Koperasi Tangsel, guna mendalami program smart city tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tangsel, Maya Mardiana, menjelaskan, dari hasil pertemuan akan mendalami kembali study tiru ke Surabaya terkait pola mengakselerasi peran IKM dan UMKM dengan mengedepankan E-economicnya. 

“Misalnya memaksimalkan peran pemasaran dengan elektroniknya, pemasaran melalui media digital dan pembayaran dengan media online juga,”jelasnya.

Wali Kota Risma sendiri menjelaskan secara garis besar tentang konsep Smart City yang ada di Kota Surabaya. 

Smart City di kotanya tersebut terbagi menjadi enam kategori yakni, smart people, smart living, smart government, smart economy, smart environment, dan smart mobility.

Selain itu, Tri Rismaharini juga memaparkan sedikit tentang pelayanan publik Surabaya Single Window (SSW). 

Surabaya Single Window (SSW) adalah sistem yang memungkinkan dilakukannya suatu penyampaian data dan informasi secara tunggal, pemrosesan data dan informasi secara tunggal dan sinkron serta pembuatan keputusan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing OPD. Dalam memberikan perizinan, dengan Surabaya Single Window, pelayanan perizinan ini lebih hemat waktu dan biaya, dan yang lebih penting lagi adalah transparansi biaya.

Risma menjelaskan, aplikasi E-government yang dilaksanakan di Surabaya ini berguna untuk menyusun sistem anggaran pemerintah daerah. 

Semua perencanaan anggaran yang dilakukan di Pemerintah Kota Surabaya saat ini menggunakan aplikasi E-budgeting dari berapa besar biaya perjalanan dinas, sampai kebutuhan lainnya di masing-masing OPD.(RAZ/HRU)

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill