Connect With Us

Jelang Arus Mudik, 3.676 Kendaraan Uji KIR di Tangsel

Yudi Adiyatna | Selasa, 5 Juni 2018 | 21:00

| Dibaca : 364

Petugas Kir Dishub Tangsel saat sedang melakukan pengecekan Uji Kir Kendaraan. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Menjelang datangnya arus mudik lebaran 2018, Kantor Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor atau uji KIR Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan didatangi banyak kendaraan.

Dari data yang tercatat, jumlah pemohon uji KIR melonjak hingga lebih 10 persen dibandingkan hari biasa.

"Peningkatan kendaraan yang mau uji KIR mulai terasa selama satu pekan terakhir ini," ungkap Kepala Seksi KIR Dinas Perhubungan Tangsel, Hikmat Maulana, Selasa (5/6/2018).

Selama bulan Ramadan ini, kata Hikmat, jumlah pemohon uji KIR mengalami kenaikan setiap harinya. Bahkan di Bulan Mei ini kemarin, pemohon mencapai 3.676 unit. 

"Data pemohon mengalami kenaikan dari bulan-bulan sebelumnya, di Januari mencapai 3.056 unit, Februari sebanyak 2.969, Maret mencapai 2.949, April mencapai 3.597 unit," jelasnya.

Hikmat memprediksi jumlah pemohon uji KIR akan terus meningkat seiring dengan arus mudik Lebaran tahun ini. "Ini menandakan banyak pengendara yang sadar akan pentingnya uji KIR"  katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, ratusan kendaraan terlihat memenuhi jalan masuk dan halaman parkir KIR. Kendaraan jenis bus, truk, pickup, taksi dan angkutan umum mendominasi antrian yang mengular panjang.

Kendaraan yang akan diuji KIR harus mendaftar dulu, selanjutnya masuk ke tahap pra uji. Pada tahap ini kendaraan dilihat secara fisik, jika tidak lengkap kendaraan masuk dalam daftar afkir. Jika sesuai, kendaraan melaju ke jalur uji dan ruang lingkup.

Ruang lingkup adalah sebuah ruangan berbentuk lorong yang didalamnya berisi tahap tahap pemeriksaan kendaraan.

Untuk uji KIR ini, dilakukan per enam bulan, dengan harga pergantian buku sebesar Rp46 ribu , jika tidak pergantian buku sebesar Rp40 ribu.

Sementara salah seorang penguji KIR, Rahmat, 45, menjelaskan, uji KIR kali ini diikuti banyak kendaraan sehingga antriannya panjang. "Ramai banget saya antri dari pagi, tapi memang kalau menjelang lebaran," katanya.(RAZ/RGI)

BANDARA
Jatuh di Jalur Berlawanan, Pemotor Tewas di Bandara Soekarno-Hatta

Jatuh di Jalur Berlawanan, Pemotor Tewas di Bandara Soekarno-Hatta

Senin, 20 Agustus 2018 | 12:00

TANGERANGNEWS.com-Kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kematian terjadi di Jalan Perimeter Selatan, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (19/8/2018) malam.

TANGSEL
Warga Pakulonan yang Tenggelam di Cisadane Ditemukan Tewas

Warga Pakulonan yang Tenggelam di Cisadane Ditemukan Tewas

Senin, 20 Agustus 2018 | 17:42

TANGERANGNEWS.com-Nurul Ihsan, 24, warga Kampung Baru RT 02/02, Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara yang tenggelam di Sungai Cisadane

AYO! TANGERANG CERDAS
Paramount Land Ajari Pelajar SD  Tangerang Tanam Hidroponik Lewat Green Schools

Paramount Land Ajari Pelajar SD Tangerang Tanam Hidroponik Lewat Green Schools

Jumat, 27 Juli 2018 | 20:14

TANGERANGNEWS.com-Pengembang properti Paramount Land kembali menggelar kegiatan Green Schools di Paramount Nursery, Gading Serpong, KabupatenTangerang, Kamis

WISATA
Wisata Bareng Anak ke Bandung? Mending Pakai Kereta

Wisata Bareng Anak ke Bandung? Mending Pakai Kereta

Jumat, 29 Juni 2018 | 08:00

TANGERANGNEWS.com-Selalu ada sejuta alasan untuk kembali ke kota Bandung, apalagi bagi warga di Jakarta. Selain karena jaraknya yang dekat, ada banyak hal yang bisa dilakukan di kota dingin yang suhunya jauh berada di bawah kota Metropolitan Jakarta.

"Kita tidak boleh menerima nasib buruk dan pasrah menerimannya sebagai kutukan. Kalau kita mau hidup bebas, kita harus belajar untuk terbang"

Gie