Connect With Us

Jelang Arus Mudik, 3.676 Kendaraan Uji KIR di Tangsel

Yudi Adiyatna | Selasa, 5 Juni 2018 | 21:00

| Dibaca : 484

Petugas Kir Dishub Tangsel saat sedang melakukan pengecekan Uji Kir Kendaraan. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Menjelang datangnya arus mudik lebaran 2018, Kantor Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor atau uji KIR Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan didatangi banyak kendaraan.

Dari data yang tercatat, jumlah pemohon uji KIR melonjak hingga lebih 10 persen dibandingkan hari biasa.

"Peningkatan kendaraan yang mau uji KIR mulai terasa selama satu pekan terakhir ini," ungkap Kepala Seksi KIR Dinas Perhubungan Tangsel, Hikmat Maulana, Selasa (5/6/2018).

Selama bulan Ramadan ini, kata Hikmat, jumlah pemohon uji KIR mengalami kenaikan setiap harinya. Bahkan di Bulan Mei ini kemarin, pemohon mencapai 3.676 unit. 

"Data pemohon mengalami kenaikan dari bulan-bulan sebelumnya, di Januari mencapai 3.056 unit, Februari sebanyak 2.969, Maret mencapai 2.949, April mencapai 3.597 unit," jelasnya.

Hikmat memprediksi jumlah pemohon uji KIR akan terus meningkat seiring dengan arus mudik Lebaran tahun ini. "Ini menandakan banyak pengendara yang sadar akan pentingnya uji KIR"  katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, ratusan kendaraan terlihat memenuhi jalan masuk dan halaman parkir KIR. Kendaraan jenis bus, truk, pickup, taksi dan angkutan umum mendominasi antrian yang mengular panjang.

Kendaraan yang akan diuji KIR harus mendaftar dulu, selanjutnya masuk ke tahap pra uji. Pada tahap ini kendaraan dilihat secara fisik, jika tidak lengkap kendaraan masuk dalam daftar afkir. Jika sesuai, kendaraan melaju ke jalur uji dan ruang lingkup.

Ruang lingkup adalah sebuah ruangan berbentuk lorong yang didalamnya berisi tahap tahap pemeriksaan kendaraan.

Untuk uji KIR ini, dilakukan per enam bulan, dengan harga pergantian buku sebesar Rp46 ribu , jika tidak pergantian buku sebesar Rp40 ribu.

Sementara salah seorang penguji KIR, Rahmat, 45, menjelaskan, uji KIR kali ini diikuti banyak kendaraan sehingga antriannya panjang. "Ramai banget saya antri dari pagi, tapi memang kalau menjelang lebaran," katanya.(RAZ/RGI)

BISNIS
Gaet Milenial, Pegadaian Buka The Gade Coffee & Gold di Tangerang

Gaet Milenial, Pegadaian Buka The Gade Coffee & Gold di Tangerang

Sabtu, 29 Desember 2018 | 06:40

TANGERANGNEWS.com-PT Pegadaian (Persero) meresmikan The Gade Coffee & Gold di Kota Tangerang. Kedai kopi ke-23 ini merupakan upaya

MANCANEGARA
Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Ini Dia Makanan Sultan, Steak Berlapis Emas Seharga Rp5,8 Juta

Senin, 19 November 2018 | 14:43

TANGERANGNEWS.com-Makanan berlapis emas bukan sesuatu yang asing lagi saat ini. Kini banyak restoran yang menyediakan menu tersebut, seiring

BANTEN
ISKI Banten Wacanakan Seminar Komunikasi Bencana

ISKI Banten Wacanakan Seminar Komunikasi Bencana

Sabtu, 5 Januari 2019 | 13:46

TANGERANGNEWS.com-Sepanjang 2018, tercatat 5 fenomena bencana alam melanda Indonesia. Rangkaian bencana ini diawali dengan gempa bumi

TEKNO
Pertama di Indonesia, BPPT Luncurkan Lab Uji Modul Panel Surya di Puspitek Serpong

Pertama di Indonesia, BPPT Luncurkan Lab Uji Modul Panel Surya di Puspitek Serpong

Rabu, 9 Januari 2019 | 15:18

TANGERANGNEWS.com-Melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah resmi membuka pelayanan teknis untuk

"Tidak pernah ada kata terlambat untuk menjadi seperti apa yang Anda inginkan."

George Elliot