Connect With Us

Korupsi, 7 ASN Tangsel Dipecat

Yudi Adiyatna | Selasa, 18 September 2018 | 11:00

| Dibaca : 1854

ilustrasi PNS (ok / int)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan memecat para Aparatur Sipil Negara (ASN), yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi. 

Pemecatan ASN ini merupakan tindak lanjut dari SK bersama Mendagri, Menpan RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang menemukan sebanyak 2.357 ASN di seluruh Indonesia terlibat tindak pidana korupsi. 

“Ada tujuh ASN yang tahun ini diberhentikan karena terkena kasus tipikor, ” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel, Apendi , Senin (17/9/2018).

Ia menjelaskan, ketujuh ASN yang dipecat ini merupakan akumulasi dari kasus tindak pidana korupsi berasal yang dari berbagai kalangan. Mulai dari golongan eselon II hingga tingkatan ke bawah.

Dirinya pun beralasan lamanya pemecatan terhadap para ASN yang bermasalah ini karena tahapan proses panjang yang dilalui mulai dari putusan pengadilan hingga terbitnya SK pemecatan tersebut.

"Ini akumulasi dari tahun 2010 sampe 2017. Ada yang kepala dinas, ada yang salah satunya contoh yang terkena Saber Pungli kasus PPAT (pertanahan) di Ciputat," jelas Apendi.

Apendi menyebutkan, berdasarkan ketentuan UU No 5/2017 tentang Aparatur Sipil Negara, barang siapa yang menyalahgunakan wewenang jabatannya melakukan tindak pidana korupsi maka dapat dipecat.

“Setelah SK ini (pemecatan) dikeluarkan otomatis ke tujuh orang tersebut berhenti dan tidak lagi menerima gaji dan fasilitas lainnya” kata dia.

BKN melansir, Provinsi Banten menempati peringkat ke-11 berdasarkan daerah PNS berstatus koruptor. Sebanyak 17 orang bertugas di Pemerintah Provinsi Banten dan 53 PNS asal delapan kabupaten/kota di Provinsi Banten.(RAZ/RGI)

KOTA TANGERANG
DPRD Minta Dana Penanggulangan Covid-19 di Kota Tangerang Diawasi Bersama

DPRD Minta Dana Penanggulangan Covid-19 di Kota Tangerang Diawasi Bersama

Senin, 6 April 2020 | 17:45

TANGERANGNEWS.com-DPRD Kota Tangerang meminta penggunaan anggaran penanggulangan Covid-19 di Kota Tangerang diawasi bersama oleh seluruh elemen masyarakat termasuk awak media

TOKOH
Mau Jadi Pengusaha Muda di Tangerang? Ini Tipsnya

Mau Jadi Pengusaha Muda di Tangerang? Ini Tipsnya

Rabu, 26 Februari 2020 | 15:38

TANGERANGNEWS.com-Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Bisnis kecil yang memiliki sumber daya terbatas, akan menjadi lebih sulit

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

"Kuatkan dirimu, karena semuanya akan menjadi lebih baik. Mungkin sekarang segala prahara menerpa, tetapi percayalah badai pasti berlalu"

Haile