Connect With Us

Jokowi Bagikan 10 Ribu Sertifikat Tanah di ICE BSD

Yudi Adiyatna | Rabu, 26 September 2018 | 16:00

| Dibaca : 1001

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 10 ribu sertifikat tanah pada ribuan warga Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 10 ribu sertifikat tanah pada ribuan warga Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.Acara penyerahan berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Rabu (26/9/2018) pagi.

Presiden Jokowi yang datang didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Banten Wahidin Halim, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, dan Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar ini datang mengenakan batik motif cokelat, dan langsung menghampiri dan menyalami satu persatu penerima sertifikat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi memerintahkan agar Kementerian ATR dapat menyelesaikan target sertifikat tahun 2018 ini sebanyak 7 juta sertifikat.

"Saya perintahkan agar Menteri ATR/BPN agar segera menyelesaikan. Tahun 2017 sudah diserahkan 5 juta sertifikat, tahun ini 7 juta sertifikat, dan tahun depan 9 juta serifikat," ucap Jokowi.

Jokowi menyebut percepatan penyelesaian sertifikat bagi masyarakat sudah dimulainya sejak awal kepemimpinanya di tahun 2015 silam. Langkah itu diambilnya untuk mengantisipasi sengketa di berbagai wilayah yang melibatkan warga dengan warga ataupun warga dengan perusahaan.

"Kenapa sertifikat pembuatannya kita percepat, karena setiap saya pergi ke desa, kampung, kabupaten, provinsi, tidak hanya di pulau Jawa, luar Jawa banyak sekali sengketa tanah, konflik tanah, kenapa bisa terjadi? karena rakyat tidak pegang tanda bukti hak sertifikat," jelasnya.

Sementara itu Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil, menyebutkan bahwa saat ini sudah 56 persen tanah di Banten yang sudah bersertifikat. Masih ada sisa 4,7 juta bidang yang belum bersertifikat.

"Tahun ini Banten mendapat jatah 800 ribu sertifkat, yang sudah selesai saat ini jumlahnya 130 ribu sertifikat. Insyaallah tahun 2023 Banten selesai sepenuhnya soal sertifikat tanah itu," ujarnya.

Pembagian sertifikat hari ini, ucap Sofyan, ditujukan kepada 10 ribu penerima sertifikat, yang terdiri dari 5 ribu sertifikat bagi masyarakat Kota Tangsel, dan 5 ribu sertifikat untuk Kabupaten Tangerang.

"Hari ini ada 10 ribu sertifikat, 5 ribu untuk Kota Tangsel dan 5 ribu untuk Kabupaten Tangerang. Jadi totalnya, tahun ini Kabupaten Tangerang selesai 70.200 sertifikat, Kota Tangsel 70.300 sertitikat," terangnya.

Presiden Jokowi sebelumnya pada bulan November 2017 pernah melakukan pembagian sertifikat tanah serupa di wilayah Setu, Tangerang Selatan. Saat itu total ada 10.100 sertifikat tanah yang dibagikan bagi warga Kota Tangsel, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.(MRI/RGI)

OPINI
Isyarat Prabowo-Sandi Menang

Isyarat Prabowo-Sandi Menang

Kamis, 11 April 2019 | 12:00

TANGERANG-Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Sandiaga

HIBURAN
Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin?  Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin? Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Kamis, 11 April 2019 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Bagi anda yang rindu liburan bernuansa pedesaan dengan suhu sangat dingin, mari kita datang ke ICEFEST 2019 pada 19 - 29 Desember di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

BISNIS
Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Melihat Aktivitas Perajin Tempe di Tangerang yang Omzet Perhari Capai Rp1 Juta

Selasa, 2 April 2019 | 19:09

TANGERANGNEWS.com-Para perajin tempe di lingkungan RT 03/02, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang tampak begitu

TOKOH
Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jumat, 2 November 2018 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Pendongeng Keliling Nusantara Budi Sabarudin akan kembali menjalankan program Sedekah Dongeng Keliling Nusantara. Kali ini mengusung tajuk Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota.

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)