Connect With Us

Bawaslu Tangsel Tegaskan RT RW Tak Boleh Terlibat Kampanye

Yudi Adiyatna | Rabu, 3 Oktober 2018 | 19:36

| Dibaca : 3167

Ketua Bawaslu Tangsel M.Acep. (TangerangNews.com/2018 / Yudi Adiyatna)

 

TANGERANGNEWS.com-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tangerang Selatan mengingatkan agar peserta Pemilu 2019 tidak melibatkan pengurus RT dan RW dalam kegiatan kampanye baik untuk pemilihan legislatif maupun pemilihan Presiden 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bawaslu Tangsel, M. Acep saat ditemui TangerangNews.com. Acep bahkan menyebut saat ini pihaknya sudah menemukan sejumlah Ketua RT atau pun RW yang melanggar larangan itu. 

"Kita sedang inventarisir, karena data tim kampanye banyak juga datanya. RT RW itu tidak boleh, jangankan jadi timses, dilibatkan saja tidak boleh," ujar Acep di kantor Bawaslu Tangsel, Jalan Bukit Nusa Indah, Serua, Ciputat, Tangsel.

Lanjut Acep, selain temuan dari Bawaslu sendiri, masyarakat juga bisa melaporkan terkait keterlibatan RT RW dalam kampanye. Bawaslu akan mengklarifikasi salah satunya dengan melihat nama Ketua RT RW tersebut dalam nama tim sukses dan tim pelaksana kampanye. 

"Kalau diajak, itu yg jadi masalah. Kan kalau dilaporin ada klarifikasi, ya kan ada SK tim sukses, ada SK tim pelaksana," ujarnya. 

Ia juga mengatakan nantinya akan ada sanksi bagi peserta pemilu bila terbukti melibatkan Ketua RT RW dalam kegiatan kampanye, walaupun baru sebatas sanksi administrasi dan teguran.

"Ada (sanskinya), sementara masih administrasi, teguran," jelasnya.

Dijelaskannya, larangan keterlibatan Ketua RT dan RW dalam kampanye itu termaktub dalam Perbawaslu nomor 28 tahun 2018.

"Bawaslu memastikan bahwa pelaksana atau tim kampanye tidak melibatkan kepala desa, perangkat desa, rukun tetangga atau rukun warga dalam urusan kampanye," tegasnya.(RMI/HRU)

KAB. TANGERANG
Sinar Mas Land Serahkan Bangunan SDN Situgadung Ke Bupati Tangerang

Sinar Mas Land Serahkan Bangunan SDN Situgadung Ke Bupati Tangerang

Selasa, 18 Desember 2018 | 21:00

TANGERANGNEWS.com-PT Bumi Serpong Damai Tbk (PT BSD Tbk) sebagai bagian Sinar Mas Land menyerahkan bangunan SDN Situgadung 1 dan Situgadung 2 yang berlokasi di Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang, kepada Bupati Tangerang, Achmed Zaki Iskandar.

TOKOH
Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jurnalis Budi Euy Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota di Jawa

Jumat, 2 November 2018 | 14:00

TANGERANGNEWS.com-Pendongeng Keliling Nusantara Budi Sabarudin akan kembali menjalankan program Sedekah Dongeng Keliling Nusantara. Kali ini mengusung tajuk Roadshow Dongeng Keliling 7 Kota.

SPORT
Ditekuk Kalteng Putra, Persita Gagal Promosi ke Liga 1

Ditekuk Kalteng Putra, Persita Gagal Promosi ke Liga 1

Selasa, 4 Desember 2018 | 20:00

TANGERANGNEWS.com-Langkah skuad Pendekar Cisadane, Persita untuk masuk ke promosi Liga 1 terhenti setelah kalah saat bertanding melawan Kalteng Putra di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (4/12/2018).

"Semua pengalaman dalam hidup mengajarkan pada kita hal - hal yang penting untuk terus maju."

Brian Tracy