Connect With Us

Pekerja Informal di Tangsel Didorong Ikut BPJS Ketenagakerjaan

Yudi Adiyatna | Rabu, 21 November 2018 | 22:00

| Dibaca : 648

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie saat memberi kartu peserta Program Penggerak Jaminan Sosial Nasional (Perisai) yang diluncurkan BPJS Ketenagakerjaan di Hotel Grand Zuri BSD, Serpong. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Program Penggerak Jaminan Sosial Nasional (Perisai) yang diluncurkan BPJS Ketenagakerjaan terus gencar disosialisasikan. Dengan target 10 juta pekerja disektor pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) terdaftar sebagai peserta pada tahun 2020.

"Berbagai pertemuan-pertemuan sudah kami lakukan, dengan ojek sudah melakukan pertemuan, 13 ribu masuk (peserta)," kata Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie saat ditemui dikegiatan penandatanganan MOU antara BPJS Ketenagakerjaan dan PT Esta Digital Niaga , Rabu (21/11/2018) di Hotel Grand Zuri BSD, Serpong.

Benyamin mengungkapkan, bahwa pemerintah akan menyasar seluruh sektor ekonomi masyarakat dan pelaku ekonomi informal dalam program BPJS Ketenagakerjaan ini.

"Nanti juga dengan pedagang pasar, terus semua pelaku ekonomi di Tangerang Selatan akan kita dorong untuk mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan," tuturnya.

Benyamin juga menambahkan bahwa Pemkot Tangsel telah menerbitkan peraturan yang tercantum dalam Keputusan Wali Kota dalam internal pemerintah dan terus melakukan sosialisasi untuk mendorong warganya mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan.

"Kita juga sudah membuat surat edaran kepada perusahaan dan para pelaku ekonomi untuk mengikut sertakan karyawannya," jelasnya.

Menurut Benyamin, usia produktif di Tangsel berdasarkan informasi yang ia peroleh yakni 63 persen dari 1,4 juta penduduk Tangsel, kemudian kata Benyamin, pelaku ekonomi di Tangsel didominasi oleh sektor tersier.

Berdasarkan pengamatannya itu, Benyamin berharap seluruh pelaku ekonomi dalam mikro dan startup di Tangsel mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan.

"Saya berharap 70 sampai 80 persen pelaku mikro dan startup menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Sementara itu, dikesempatan yang sama Direktur Perluasan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan E Ilyas Lubis, mengatakan , berdasarkan instruksi pemerintah ditargetkan pada tahun 2021 pihaknya mendapatkan kepesertaan 15 persen dari populasi sektor kerja informal, dimana saat ini menurutnya Indonesia mempunyai 120 juta pekerja, 65 Juta diantaranya adalah pekerja informal.

"Kita bisa mencapainya tahun 2020, sekitar 9-10 juta pekerja, kita ada roadmap-nya, bagaimana kita mengedukasi dan mensosialisasikan kepada mereka untuk mengikuti BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya.(MRI/RGI)

AYO! TANGERANG CERDAS
Bingung Cari Sekolah Untuk Anak? Kunjungi Edu Fair SMS

Bingung Cari Sekolah Untuk Anak? Kunjungi Edu Fair SMS

Minggu, 16 Februari 2020 | 11:28

TANGERANGNEWS.com-Sudah menjadi keinginan setiap orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik bagi sang anak. Anak yang bahagia dapat memaksimalkan keterampilannya secara optimal, baik itu soft skills maupun hard skills.

WISATA
Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:50

TANGERANGNEWS.com-Penataan kota terus dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel). Sebuah bantaran kali mati di wilayah

HIBURAN
Pekik Rabu Pagi Enigma di Jalan Gading Serpong

Pekik Rabu Pagi Enigma di Jalan Gading Serpong

Rabu, 29 Januari 2020 | 11:00

TANGERANGNEWS.com-Pekik kurang lebih sekitar 10 pemuda langsung memecah kesunyian malam di Jalan Boulevard Raya Gading Serpong, Gading Serpong, Serpong Utara, Kabupaten Tangerang pada Rabu (29/01/2020) sekitar pukul 02.30 WIB.

KOTA TANGERANG
 HUT Kota Tangerang, Ribuan Warga Semarakkan Senam Sehat Bersama DPRD

 HUT Kota Tangerang, Ribuan Warga Semarakkan Senam Sehat Bersama DPRD

Minggu, 23 Februari 2020 | 11:27

TANGERANGNEWS.com–DPRD Kota Tangerang turut menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) Kota Tangerang ke-27 dengan menggelar senam sehat

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt