Connect With Us

Tangsel Dinobatkan Kota Cerdas 2018 versi Kompas

Yudi Adiyatna | Rabu, 9 Januari 2019 | 20:42

| Dibaca : 598

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany meraih penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia 2018 dari harian Kompas di Kantor Kompas , Jakarta. (TangerangNews/2018 / Yudi Adiyatna)

 

TANGERANGNEWS.com-Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraih penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia 2018 yang diberikan harian Kompas, Rabu (9/1/2018). Tangsel meraih penghargaan bersama dengan wilayah lain yakni Kota Surabaya dan Semarang.

Penghargaan ini diberikan kepada kota-kota yang dinilai berhasil menerapkan konsep kota cerdas atau smart city. Tangsel masuk dalam Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018, dalam kategori kota Metropolitan dengan nilai skor yakni 61,68.

Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

“Apapun nilainya, ini merupakan sebuah angka yang harus dievaluasi untuk lebih baik lagi kedepan,” ungkap Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany saat menerima penghargaan di Kantor Kompas , Jakarta.

Airin mengatakan, saat ini Tangsel sedang fokus kepada peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dengan memberikan pelatihan-pelatihan baik untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun masyarakatnya melalui komunitas yang ada di Tangsel.

Airin juga mengatakan, peran partisipasi masyarakat sangat penting untuk membangun kota cerdas. Tanpa adanya partisipasi warga, program dan rencana di perkotaan akan sulit dijalankan.

Kota cerdas di Tangsel, tidak hanya menyediakan infrastruktur untuk layanan publik saja, namun juga mendorong masyarakat dan industri kreatif melalui berbagai pelatihan dan peningkatan ekonomi kemasyarakatan.

Tangsel menerapkan pelayanan publik berbasis elektronik, semua sistem pelayanan terpantau secara langsung dan transparan, seperti aplikasi simanja laporan jalan rusak.

Sementara General Manager Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Harian Kompas F Harianto Santoso mengatakan, Wali Kota menjadi chief executive officer (CEO) kota sehingga tidak sekadar membawa kota menjadi semakin modern, tetapi mampu menyejahterakan warga masyarakat.

“Masyarakat menjadi hakikat utama dari kota cerdas. Itu pula alasan mengapa dalam penilaian IKCI 2018 kami memberikan penekanan lebih pada dimensi masyarakat. Dan Tangsel, Surabaya serta Semarang berhasil mencapai tujuan tersebut, tanpa mengesampingkan dimensi lain,” katanya.(RMI/HRU)

BANTEN
Mayat Membusuk Mengapung di Pulau Tunda

Mayat Membusuk Mengapung di Pulau Tunda

Kamis, 17 Oktober 2019 | 15:49

TANGERANGNEWS.com-Mayat tanpa identitas ditemukan mengapung di Laut Pulau Tunda, Kabupaten Serang, Banten. Tim SAR yang terdiri dari Polisi Air dan Udara Polda Banten dan Basarnas sedang mengevakuasi mayat tersebut.

BISNIS
Miliki 2,5 Juta Mitra Warung, Bukalapak Dorong Usaha Kecil

Miliki 2,5 Juta Mitra Warung, Bukalapak Dorong Usaha Kecil

Selasa, 15 Oktober 2019 | 15:14

TANGERANGNEWS.com-Bukalapak mengklaim memiliki jaringan mitra warung mencapai 2,5 juta. Perusahaan e-commerce ini menyatakan telah jauh meninggalkan pemain serupa.

SPORT
Ponpes Al Ma’mur & Daarul Hikmah Melaju ke Final Liga Santri Region Banten

Ponpes Al Ma’mur & Daarul Hikmah Melaju ke Final Liga Santri Region Banten

Kamis, 17 Oktober 2019 | 20:37

TANGERANGNEWS.com-Tim kesebelasan dua pondok pesantren (ponpes) di Tangerang lolos ke babak final Liga Santri Nusantara (LSN) 2019 Region Banten. Kedua tim tersebut berhasil mengalahkan rivalnya dalam babak semifinal

"Cobaan, kekalahan dan kegagalan tidak akan menjadi sesuatu yang buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

Donny Dhirgantoro