Connect With Us

Tangsel Punya Mobil Damkar Canggih Bronto Skylift

Yudi Adiyatna | Jumat, 11 Januari 2019 | 22:59

Uji coba Armada pemadam si jago merah buatan Finlandia di halaman Kantor Wali Kota Tangsel di Ciputat, Jumat (11/1/2019). (TangerangNews/2018 / Yudi Adiyatna)

 

TANGERANGNEWS.com-Pembangunan infrastruktur  di Kota Tangerang Selatan tumbuh dengan pesat. Tak sedikit kini gedung pencakar langit berdiri di wilayah yang jadi penyangga ibukota Jakarta.

Kebakaran yang bisa melanda gedung bertingkat tersebut pun diantisipasi Pemkot Tangsel dengan menghadirkan armada pemadam kebakaran jenis Bronto Skylift P310.

Mobil buatan Finlandia tersebut pun untuk pertama kali diujicoba di halaman Kantor Wali Kota Tangsel di Ciputat, Jumat (11/1/2019).

Bahkan, Wali Kota Tangsel, Airin Rahmi Diany turut serta dalam uji coba itu. Layaknya para petarung pemadam si jago merah, Airin naik ke bagian ujung tangga, kemudian diangkat ke atas. Tangga tersebut mampu menjangkau hingga ketinggian 37 meter.

"Masih harus belajar untuk pengoprasiannya, agar lebih bagus dalam pengoperasian mobil tersebut,” kata Airin.

airin

Mobil dengan kapasitas mesin 3100 CC itu dilengkapi sistem penyelamatan fighting dengan kenampuan penyemprotan 4500 liter permenit, juga juga mampu berputar 360 derajat. Sehingga mampu menjangkau sasaran titik api baik secara vertikal maupun horizontal.

”Tapi, saya pribadi berharap mobil ini, tidak dipakai. Maksudnya tidak terjadi kebakaran di gedung maupun hunian vertikal,” harap Airin. 

Kehadiran armada tersebut diakui Airin karena telah menjadi kebutuhan pelayanan bagi Pemkot Tangsel, mengingat saat ini, jumlah gedung bertingkat terus bertambah.

airin

”Tangsel sekarang ini, sudah banyak tumbuh gedung dan hunian yang vertikal. Jadi, perlu sarana dan prasarana yang bisa menjangkaunya. Salah satunya, waktu terjadi kebakaran,” jelas Airin. 

Sementara, Direktur Unit Bronto Indonesia Benny mengatakan, di Indonesia, saat ini baru ada 5 unit mobil yang memiliki sistem canggih seharga Rp21 miliar tersebut, yaitu Surabaya, Madiun, Gresik, DKI Jakarta, dan Kota Tangsel.

“Selain mampu berputar full 360 derajat mobil damkar ini juga mampu menjangkau secara vertikal dan horizontal dengan kemampuan pompa 4500 liter permenit,” kata Benny.(RMI/HRU)

BANDARA
Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kecelakaan Kerap Terjadi di Jalur Perimeter, Pihak Bandara Soetta Sebut Akibat Human Error

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Pihak Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyebut kecelakaan yang kerap terjadi di Jalur Perimeter disebabkan karena human error atau kelalaian pengendara.

BANTEN
PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

PLN Nyalakan Listrik Serentak 224 Masjid dan Musala di Banten

Jumat, 29 Maret 2024 | 09:38

Sebanyak 224 masjid dan musala di Provinsi Banten dinyalakan listrik serentak oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, Kamis, 28 Maret 2024.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill