Connect With Us

Berbagi Buku Untuk Cerdaskan Masyarakat Kota Tangsel

| Minggu, 9 Mei 2010 | 21:21

Airin Rachmi Diany dalam acara pengumpulan buku di BSD. (tangerangnews / adv)


TANGERANGNEWS-Hadirnya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di 7 Kecamatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang diprakarsai oleh Dewan Pembina Komunitas Masyarakat Gemar Membaca (Magma) Hj. Airin Rachmi Diany mendapat sambutan besar dari masyarakat Kota Tangsel.

Bahkan kini, Koleksi buku yang dimiliki oleh TBM-TBM sudah ludes dibaca oleh masyarakat. Oleh karena itu, untuk menambah koleksi buku, Komunitas Masyarakat Gemar Membaca (Magma) lakukan gerakan penggalangan buku dari masyarakat dengan tema “Gerakan Menyumbang Buku”. Gerakan itu dilaunching di ITC BSD, Ahad (09/05).

Launching itu mendapat antusiasme yang sangat tingggi dari masyarakat, terbukti 4681 buku berhasil terkumpul pada acara ini. Bahkan, masyarakat yang menyumbang buku bukan hanya masyarakat yang berasal dari Kota Tangsel saja, masyarakat dari luar Kota Tangsel seperti Jakarta, Depok, dan Bogor turut berpartisipasi menyumbangkan bukunya. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan acara kumpul buku melalui Magma Tangsel, untuk selanjutnya akan kami salurkan kepada TBM-TBM yang tersebar di Kota Tangsel. Idealnya satu TBM memiliki 1000 buku, melalui acara “Gerakan Menyumbang Buku” ini, kami harapkan bisa melengkapi koleksi buku yang sangat bermanfaat untuk mencerdaskan masyarakat Kota Tangsel”, ungkap ibu dengan dua anak ini.

Gerakan Menyumbang Buku ini merupakan tindak lanjut dari usaha untuk memperbanyak koleksi buku di Taman Bacaan Masyarakat yang didirikan Airin bersama Magma Tangsel. “Melalui program “Gerakan Menyumbang Buku” kami mengajak masyarakat Kota Tangerang Selatan untuk peduli dengan pendidikan di Kota Tangsel dengan berbagi buku untuk masyarakat yang lebih membutuhkan, “tegasnya.

Menurutnya, Program Gerakan Menyumbang Buku ini akan terus berlanjut sehingga masyarakat Kota Tangsel dapat dengan mudah mengakses buku di setiap sudut Kota Tangsel. “Harapan saya ke depan, Tangsel tidak hanya mempunyai 7 Taman Bacaan Masyarakat saja, semakin banyak semakin baik,” jelasnya.

Airin menuturkan, didirikannya TBM bertujuan menjadi motor penggerak untuk mengajak masyarakat Tangsel gemar membaca. “Membaca merupakan salah satu cara membuka jendela dunia, dengan membaca buku maka ilmu pengetahuan kita akan bertambah, menemukan hal-hal yang baru dan dengan buku juga kita bisa melihat masa lalu, kini dan masa depan” jelasnya.

“Gerakan ini adalah wujud kepedulian kami untuk mengajak masyarakat bersama-sama berbagi buku mencerdaskan masyarakat Tangsel sebagai rumah kita bersama,” tandasnya.
Senada dengan Airin, Ketua Magma Tangsel Dra. Herlina Mustikasari menuturkan, komunitas Magma Tangsel selama ini sudah menggalang buku dengan membuat kounter pengumpulan buku yang disebar di beberapa pusat perbelanjaan dan keramaian di Kota Tangsel. “Dengan berbagi buku ini kami harapkan masyarakat mempunyai kepedulian untuk berbagi buku kepada masyarakat yang membutuhkan demi mencerdaskan Kota Tangsel,” ungkapnya.
Langkah yang dilakukan oleh Airin untuk menggalang buku memang sangat inspiratif, dalam Launching Gerakan menyumbang Buku ini masyarakat dari berbagai kalangan dengan sukarela tampak antusias menghadiri acara ini. Misalnya Irvan Sidik Lubis, mahasiswa UIN syarif Hidayatullah ini menuturkan bahwa acara ini adalah langkah yang inspiratif untuk mengajak masyarakat saling berbagi buku dan menumbuhkan minat baca masyarakat di Kota Tangsel. “Ibu Airin sangat inspiratif untuk mencerdaskan masyarakat di Kota Tangsel dengan penggalangan buku,” tandasnya.

Dalam acara “Gerakan Menyumbang Buku” ini Hj. Airin Rachmi Diany juga memberikan penghargaan kepada Ibu Ailing Natuna sebagai salah satu perwakilan penyumbang buku dan menyerahkan buku secara simbolis kepada Dra. Herlina Mustikasari Ketua Magma Tangsel. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh Grup Pelawak Cagur ( Wendi, Deni, dan Narji), performance Perkusi dari Kandank Jurank Doank, dongeng anak-anak, dan teater dari TBM Punakawan.(*)


HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

SPORT
Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Cetak Sejarah, Indonesia Berpeluang Masuk Olimpiade Paris 2024

Jumat, 26 April 2024 | 09:21

Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mencetak sejarah lolos ke semifinal Piala Asia U-23 usai menumbangkan Korea Selatan, yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat, 26 April 2024, dini hari.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill