Connect With Us

Jokowi Bagikan 40.172 Sertifikat Tanah di Pondok Cabe

Yudi Adiyatna | Jumat, 25 Januari 2019 | 13:00

| Dibaca : 2968

Presiden Indonesia Joko Widodo saat menghadiri kegiatan pemberian sertifikat tanah untuk warga Tangsel, di Bandara Pondok Cabe, Jl. Pondok Cabe, Pondok Cabe Ilir, Pamulang Tangerang Selatan, Jum'at (25/1/2019). (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Ribuan warga Tangsel memadati Bandara Pondok Cabe, Kota Tangsel, untuk menerima sertifikat tanah yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Pondok Cabe, Jum'at (25/1/2019).

Total ada 40.172 sertifikat yang dibagikan dalam kegiatan ini. Namun yang hadir untuk menerima hanya sekitar 22 ribuan warga Tangsel.

Dalam keadaan hujan deras, Jokowi yang didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo hadir sekitar pukul 09.30 WIB. Kehadiran Jokowi yang terlihat mengenakan kemeja putih berlengan panjang itu disambut dengan meriah oleh para peserta.

Kehadiran Jokoi ini dimanfaatkan oleh para warga untuk berswafoto. "Pak, Selfie Pak, Selfie Pak," teriak salah satu peserta saat Jokowi berkeliling.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa dari 126 juta bidang tanah di tahun 2015, baru 46 juta bidang tanah yang memiliki sertifikat. “Masih ada 80 juta yang belum memegang sertifikat, padahal sudah bertahun-tahun menempati tanah tersebut," jelasnya.

Menurut Jokowi, per tahunnya Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) hanya mencetak 500 ribu sertifikat. Jika masih ada 80 juta bidang tanah, maka akan membutuh 160 tahun untuk mencetaknya secara keseluruhan.

"Enggak akan bisa (cara lama). Jadi saya perintahkan ke Pak Menteri, tahun 2017 5 juta (sertifikat) harus keluar, tahun 2018 7 juta harus keluar, dan tahun 2019 9 juta harus keluar. Caranya bagaimana saya enggak mau tahu," tuturnya. 

Dari instruksi tersebut, Jokowi menjelaskan bahwa sertifikat yang dikeluarkan sudah terlampaui dari target. "Tahun 2017, 5,4 juta dan tahun 2018, 9,4 juta bisa dikeluarkan," tambahnya. 

Dalam acara tersebut, turut hadir Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil. Dalam sambutannya, Sofyan mengklaim akan menyelesaikan pembagian sertifikat tanah di Tangsel seratus persen, sesuai dengan perintah Presiden. 

"Dari 22 sampai 23 ribu orang yang hadir. Sesuai dengan perintah Pak Jokowi Insya Allah Kota Tangsel 100 persen beres," tukasnya. 

Sofyan juga menjelaskan sertifikat tanah ini harus segera diberikan kepada masyarakat. Jangan sampai tanah diambil secara paksa oleh pihak yang tidak benar. “makanya kita berikan sertifikat, sehingga bukti jelas, luasnya jelas, letaknya jelas," tutur Sofyan.(RAZ/RGI)

NASIONAL
Polda Metro Jaya Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan di Jabodetabek

Polda Metro Jaya Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan di Jabodetabek

Kamis, 2 April 2020 | 09:00

TANGERANGNEWS.com-Informasi adanya penutupan jalan tol dan jalan arteri di Jakarta dibantah Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Polisi Sambodo Purnomo Yogo.

AYO! TANGERANG CERDAS
UN di Kota Tangerang Ditiadakan, Try Out Tetap Jalan

UN di Kota Tangerang Ditiadakan, Try Out Tetap Jalan

Kamis, 2 April 2020 | 13:44

TANGERANGNEWS.com–Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP negeri maupun swasta di Kota Tangerang ditiadakan. Namun, try out atau uji coba tetap diselenggarakan

PROPERTI
Pengamat Nilai Ada Celah Pada Pergub Bagi Penghuni Nakal  

Pengamat Nilai Ada Celah Pada Pergub Bagi Penghuni Nakal  

Jumat, 13 Maret 2020 | 21:57

“Untuk alasan pembatasan atau pemutusan fasilitas, itu sangat luas dan dapat dimanfaatkan oleh penghuni yang memang berniat untuk tidak membayar, karena tahu ada larangan mengenai pemutusan fasilitas dasar,” ujar Eddy, Jumat (13/3/2020).

TANGSEL
Pasukan Penjinak Api Tangsel Dikerahkan Basmi Corona

Pasukan Penjinak Api Tangsel Dikerahkan Basmi Corona

Kamis, 2 April 2020 | 17:02

TANGERANGNEWS.com-Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan mengerahkan tiga unit armada Damkarnya untuk menyemprotkan cairan disinfektan di tiga titik Kecamatan Serpong Utara, Kamis (2/4/2020)

"Kuatkan dirimu, karena semuanya akan menjadi lebih baik. Mungkin sekarang segala prahara menerpa, tetapi percayalah badai pasti berlalu"

Haile