Connect With Us

Jelang Imlek, Warga Guyub di Vihara Kwang In Thang Tangsel

Yudi Adiyatna | Rabu, 30 Januari 2019 | 21:00

Sekelompok warga ikut membantu membersihkan Vihara dan rupang di Vihara Kwang In Thang, Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu (30/1/2019). (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)

TANGERANGNEWS.com-Jelang Tahun Baru Imlek yang akan diperingati pada 5 Februari 2019, sekelompok warga dari berbagai latar belakang agama dan keyakinan bahu membahu membersihkan Vihara dan rupang di Vihara Kwang In Thang, Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu (30/1/2019).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu cermin kerukunan umat beragama di Kota Tangsel, karena perayaan Tahun Baru Imlek tidak hanya menjadi momentum penting bagi kaum Tionghoa, namun juga pemersatu antar umat beragama.

Kegiatan bersama tersebut meliputi penyucian rupang, sudut-sudut Vihara, dan juga pemasangan lampion, yang biasa identik dengam Hari Raya Imlek. 

Sikap rukun itu tampak saat kegiatan bersih-bersih itu berlangsung karena beberapa tokoh agama Islam, Kristen, dan Hindu turut menghadiri kegiatan tersebut. 

Seperti Novi yang merupakan Biarawati dari Asosiasi Lembaga Misionaris Awam (ALMA). Dirinya dan keempat Biarawati lainnya yang turut dalam kegiatan tersebut mengatakan bermaksud menunjukkan sikap toleransi antar umat beragama. 

"Tujuannya kami hanya ingin membantu. Walaupun kami disini agamanya berbeda, hanya ingin membantu dan menunjukan toleransi antar umat beragama," jelas Novi. 

Tanpa rasa sungkan, dirinya ikut membersihkan rupang. Novi mengaku dengan ikut serta dalam kegiatan tersebut, perasaannya merasa bahagia.

"Rasanya bahagia luar biasa, suka cita yang luar biasa karena kita datang kesini tidak satu agama, bisa berbaur sama siapa saja," ungkapnya. 

Sementara, Pengawas Yayasan Kwang In Thang, Frankie Sibbald, menjelaskan bahwa nilai persatuan inilah yang menjadi kelebihan di yayasan yang diampunya.

"Salah satu kelebihan Kwan In Thang ini, tokoh-tokoh agama mau bersama-sama ikut dan ini menandakan kerukunan benar-benar terbukti," ucapnya Frankie. 

Ia menambahkan, tidak hanya pada saat kegiatan tersebut, pihaknya juga mengundang para tokoh agama saat  perayaan Hari Raya Imlek nanti. 

"Nanti (Hari Raya Imlek) disini ada doa bersama, silaturahmi tokoh-tokoh agama dari semua agama yang ada di Indonesia. Ada juga atraksi barongsai, kalau jadi, ada sedikit kembang api," bebernya.(MRI/RGI)

TEKNO
Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Rabu, 24 April 2024 | 11:25

Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin pesat, sehingga banyak orang khawatir akan hilangnya pekerjaan karena kemampuan AI untuk menangani tugas-tugas tertentu.

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill