Connect With Us

Barongsai dan Liong Meriahkan Perayaan Imlek di Pondok Cabe

Rachman Deniansyah | Senin, 4 Februari 2019 | 20:56

Pertunjukkan Barongsai dan Liong di Vihara Kwang In Thang, Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Senin (4/2/2019) malam. (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Kemeriahan perayaan Hari Raya Imlek tak terlepas dari pertunjukan kesenian Barongsai. Berbagai persiapan menyambut perayaan tahunan kaum Tionghoa itu tengah dilakukan di Vihara Kwang In Thang, Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Senin (4/2/2019).

Pantauan TangerangNews, Vihara tersebut juga mulai diperindah dengan berbagai ornamen dan dekorasi. Juga persiapan teknis acara, serta berbagai petunjukan untuk memeriahkan menyambut tahun baru, salah satunya yakni pertunjukkan Barongsai dan Liong. 

Pertunjukkan Barongsai dan Liong di Vihara Kwang In Thang, Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Senin (4/2/2019) malam.

Diperayaan kali ini, Dragon Xiao Lien Dance (DXLD) yang berasal dari Klenteng Hok Tay Bio, Karawaci, Kota Tangerang dipilih sebagai pementas dalam perayaan Imlek tersebut. 

Pendiri Klenteng Hok Tay Bio, Aroy Ken menjelaskan bahwa timnya akan mempertunjukkan Barongsai dan Liong (naga). 

"Disini banyak acara. Ada seni tari dari anak kecil, remaja. Kalau kita Liong dan Barongsai," jelas Aroy saat sedang berlatih di Vihara Kwang In Thang, Pondok Cabe Udik, Tangsel, Senin (4/2/2019).

Menurutnya, Barongsai dan Liong ini bukan hanya sekedar pertunjukkan saja, namun juga sarat dengan nilai-nilai filosofisnya. 

"Barongsai dan Liong ini adalah adat istiadat dari etnis Tionghoa. Kalau dari zaman dahulu, dipercaya (Barongsai dan Liong) dapat mengusir roh-roh jahat, dan membuka aura yang baik. Kadang bisa dipanggil buat pembukaan toko, sekolahan, dan untuk usaha," bebernya. 

Dalam pementasan kali ini, DXLD mengikutsertakan 25 anggotanya dari jumlahnya yang lebih dari 40 orang. Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini hanya menampilkan Barongsai dan Liong saja.

"Tahun ini kita hanya menampilkan dua Barongsai dan satu Liong. Tahun sebelumnya dua Barongsai, satu Liong, dan dua singa. Soalnya tahun ini personelnya ada yang sedang berhalangan" tambahnya.

Aroy juga mengaku, pementasan yang kini dilakoninya murni untuk kegiatan sosial. 

"Perasaan saya senang dapat meramaikan acara perayaan Imlek. Kalau buat Vihara kita sosial tidak komersil," tukasnya.(RMI/HRU)

BANTEN
Pengguna Mobil Listrik Akui Trip Planner SPKLU PLN Permudah Perjalanan Mudik

Pengguna Mobil Listrik Akui Trip Planner SPKLU PLN Permudah Perjalanan Mudik

Kamis, 18 April 2024 | 10:23

Keberadaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN di seluruh rest area sepanjang jalan tol Sumatera - Jawa terbukti melayani dan memudahkan pengguna mobil listrik selama melewati puncak mudik hingga arus balik Lebaran 2024.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill