Connect With Us

Gelar Musrenbang, Kecamatan Serpong Usulkan Puskesmas

Rachman Deniansyah | Kamis, 21 Februari 2019 | 22:30

| Dibaca : 424

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany memberikan sambutan dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Serpong, Tangsel, Kamis (21/2/2019). (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Kecamatan Serpong mengusulkan agar segera dibangun fasilitas kesehatan masyarakat (Puskesmas) di kecamatan tersebut. Pasalnya, gedung  yang tersedia saat ini berdiri diatas lahan milik pihak lain.

Hal itu terungkap dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang berlangsung kecamatan setempat, Kamis (21/2/2019).

Puskemas adalah satu dari 386 usulan dalam Musrenbang yang langsung dihadiri Wali Kota Tangsel, Airin Rachmy Diani.

Airin mengatakan Musrenbang merupakan rangkaian proses strategis sebagai wahana untuk berdiskusi, berembug atau melakukan tukar pikiran dan pendapat serta bersepakat antar pemangku kepentingan, baik pemerintah, akademisi, swasta, maupun masyarakat. Juga menjadi momentum penting dalam mengakomodir usulan-usulan pembangunan dari bawah. 

"Artinya pendekatan pembangunan yang dilakukan di Kota Tangerang Selatan saat ini tidak hanya sekedar mengedepankan aspek top down planning, melainkan mengakomodir pula pendapat, saran, masukan, dan pemikiran-pemikiran positif dari bawah atau lebih dikenal dengan bottom up planning," ungkapnya.

Dengan Musrenbang ini, Airin berharap seluruh kebutuhan pembangunan yang diusulkan secara bottom up (dari bawah ke atas), dapat dibahas dan dipertajam, kemudian disepakati menjadi program prioritas pembangunan Kota Tangerang Selatan pada tahun 2020 mendatang. Termasuk usulan terkait Puskemas tersebut.

Sementara, Camat Serpong, Mursinah menjelaskan bahwa dalam Musrenbang tersebut, terdapat 386 total usulan.

"Total keseluruhan 386 usulan. Ini terbagi dalam 50 persen infrastruktur, 20 persen  pendidikan, 15 persen pemberdayaan dan 15 persen kesehatan," kata Mursinah. 

"Kita juga mengusulkan dibangunnya Puskesmas Serpong, karena Puskesmas Serpong yang ada saat ini lahannya masih milik Universitas Indonesia (UI). Jadi kita harus pindahkan Puskesmas," tambahnya.

Untuk pembangunan gedung Puskesmas itu, terangnya, aaat ini pihaknya baru mengusulkan untuk pembebasan lahan. 

"Direncanakan dicari di wilayah Cilenggang. Pengadaan lahan ini untuk usulan 2020," tukasnya.(RMI/HRU)

BANTEN
Mayat Membusuk Mengapung di Pulau Tunda

Mayat Membusuk Mengapung di Pulau Tunda

Kamis, 17 Oktober 2019 | 15:49

TANGERANGNEWS.com-Mayat tanpa identitas ditemukan mengapung di Laut Pulau Tunda, Kabupaten Serang, Banten. Tim SAR yang terdiri dari Polisi Air dan Udara Polda Banten dan Basarnas sedang mengevakuasi mayat tersebut.

MANCANEGARA
Dua Hari Dikubur Hidup-hidup, Bayi Perempuan di India Berhasil Selamat

Dua Hari Dikubur Hidup-hidup, Bayi Perempuan di India Berhasil Selamat

Rabu, 16 Oktober 2019 | 17:36

TANGERANGNEWS.com-Bayi perempuan di India ditemukan masih hidup meski telah dikubur. Bayi malang itu dalam kondisi kritis karena diduga telah dikubur sejak dua hari yang lalu.

PROPERTI
Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Bangun Stasiun Cisauk, Sinar Mas Land Kembangkan Kawasan BSD City

Senin, 18 Februari 2019 | 17:28

TANGERANGNEWS.com-Gedung baru Stasiun Cisauk telah resmi beroperasi sejak, Jum'at (1/2/2019) lalu. Pembangunan tersebut merupakan suatu

KAB. TANGERANG
Masuk Mal, Produk Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Naik Kelas

Masuk Mal, Produk Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Naik Kelas

Senin, 21 Oktober 2019 | 08:51

TANGERANGNEWS.com-Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang menggelar pameran produk lokal di Supermal Lippo Karawaci. Event ini menjadi ajang promosi produk unggulan para pelaku Usaha Mikro di kota 1001 industri ini.

"Cobaan, kekalahan dan kegagalan tidak akan menjadi sesuatu yang buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

Donny Dhirgantoro