Connect With Us

Pemilu 2019 Rumit, Bawaslu Tangsel Roadshow ke Sekolah

Rachman Deniansyah | Jumat, 1 Maret 2019 | 13:21

Bawaslu Kota Tangerang Selatan menggelar sosialisasi terkait pemilu 2019 di SMAN 12 Tangsel, Jalan Cilenggang I, Serpong, Kota Tangsel, Jum'at (1/3/2019). (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Bawaslu Kota Tangerang Selatan menggelar sosialisasi terkait pemilu  2019 ke kalangan siswa yang menjadi pemilih pemula di SMAN 12 Tangsel, Jalan Cilenggang I, Serpong, Kota Tangsel, Jum'at (1/3/2019).

Kegiatan tersebut diikuti oleh para perwakilan siswa dari beberapa SMA dan SMK yang berasa di sekitar wilayah Tangsel.

Ketua Bawaslu Kota Tangsel Muhamad Acep menjelaskan, kegiatan yang bertajuk 'Bawaslu Go To School' ini, merupakan kali pertama, untuk menyisir kaum milenial yang menjadi pemilih pemula pada Pemilu ini.

"Karena kita juga punya Sahabat Bawaslu dari sekolah. Jumlahnya ada 12 OSIS dari SMA di Tangsel yang telah MoU dengan Bawaslu Tangsel," jelas Acep kepada TangerangNews, Jum'at (1/3/2019).

Bawaslu Kota Tangerang Selatan menggelar sosialisasi terkait pemilu 2019 di SMAN 12 Tangsel, Jalan Cilenggang I, Serpong, Kota Tangsel, Jum'at (1/3/2019).

Acep menilai, bahwa tata cara pemilihan pada pemilu tahun ini amat rumit bagi pemilih pemula, dibanding tahun sebelumnya. Sehingga pihaknya harus turun menosialiasikannya, agar para pemilih pemula ini tidak malas menyalurkan suaranya.

"Pemula itu kan tidak mau ribet, sedangkan pemilu tahun ini ribet. Makanya kita menyisir milenial. Mudah-mudahan keribetan yang ada dipikiran mereka menjadi berubah, kemudian pemilu ini harus menghasilkan demokrasi yang berkeadilan," bebernya. 

Untuk memberikan daya tarik bagi para siswa, Bawaslu Tangsel memiliki cara tersendiri, yakni dengan menyuguhkan konsep yang berbeda. 

"Mereka antusias dan asik lah, sosialisasi pemilu kali ini dengan mengadakan band, kemudian cara penampilan berbeda, kita pakai konsep talkshow," ujarnya. 

Diharapkan, dengan kegiatan ini, kata dia, tentunya dapat meningkatkan partisipasi memillih, serta dapat menjadikan para milenial ini ikut mengawasi pemilu. 

"Yang kita harapkan masyarakat milenial untuk menjadi awas. Ketika ada yang melakukan pelanggaran, mereka berani lapor dan memberikan informasi ke kita," harapnya. 

Selain itu, sosialisasi ini tak hanya sampai di sini. Ada kelanjutan berupa output bagi masyarakat yang memberikan dampak positif bagi pesta demokrasi tahun ini. 

"Tindak lanjut nanti kita roadshow dan mengharapkan milenial ini bikin vlog bagaimana nanti mengajak masyarakat untuk memilih," tukasnya.

Sementara, Wakil Kepala Sekolah SMAN 12 Tangsel Deri Aldina mengatakan, sosialisasi seperti inu amat berguna. Mengingat dalam hal pengawasan pemilu, Bawaslu juga perlu mendapatkan bantuan, salah satunya dari para kaum milenial.

"Kami menyambut baik sosialisasi ini dengan adanya pencerahan dari Bawaslu, bahwa pemilih milenial bisa menentukan pilihannya menurut hati nuraninya yang masih labil. Sehingga pemilu yang adil dapat tercipta," ungkapnya.(RAZ/HRU)

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Buruan Daftar, Lulusan Institut Teknologi PLN Berkesempatan Langsung Kerja di Perusahaan

Jumat, 26 April 2024 | 10:48

Institut Teknologi PLN (ITPLN) menjadi salah satu perguruan tinggi incaran banyak mahasiswa untuk mengembangkan karirnya di masa depan.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill