Connect With Us

Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Tangsel Coreng Kota Layak Anak

Rachman Deniansyah | Selasa, 5 Maret 2019 | 22:20

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi. (@TangerangNews / Maya Sahurina)

 

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi di Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi tantangan pemerintah setempat. Pasalnya, kota yang dinahkodai Wali Kota Airin Rachmy Diani ini telah menyandang predikat sebagai Kota Layak Anak.

Berdasarkan data Polres Tangsel, setidaknya pada awal tahun 2019 saja, telah terjadi enam kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur. Keenam kasus itu adalah yang berhasil diungkap pihak Kepolisian Tangsel. 

Pada bulan Januari 2019 terdapat tiga kasus pencabulan terhadap anak yang dilakukan oleh masing-masing orang tua tirinya. Pada Februari 2019 hal serupa terjadi kepada anak berusia 10 tahun yang dilakukan oleh kakek tirinya. Dan pada awal Maret 2019 ini, polisi juga mengungkap dua kasus serupa. 

Pemerhati anak, Seto Mulyadi atau biasa dipanggil Kak Seto, menyayangkan hal tersebut. Menurutnya, untuk dapat meminimalisir kasus tersebut, harus ada peran dari masyarakat. 

"Kontrol masyarakat harus ketat, karena jika polisi sendiri gak akan mampu menanganinya," jelas Kak Seto saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Selasa (5/3/2019).

Padahal, lanjutnya, sebelumnya untuk mengupayakan hal itu, Kak Seto telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) perlindungan anak pada setiap RT di Tangsel. 

"Saya promosikan Tangsel itu menjadi kota pertama yang mendapat rekor MURI karena di setiap RT-nya dilengkapi oleh satgas perlindungan anak pada tahun 2012," ungkapnya. 

Kemudian, hal serupa dilakukannya di Kota/Kabupaten lain, diantaranya Banyuwangi, Bengkulu Utara, dan Lampung. 

Menurut Kak Seto, hal tersebut dinilai ampuh, karena RT merupakan lapisan pertama yang dapat melakukan pencegahan kekerasan terhadap anak. Namun hal tersebut akan percuma bila tanpa adanya kontrol dan monitoring. 

"Satgas perlindungan anak di setiap RT-nya yang dulu dibentuk bisa mencegah kekerasan terhadap anak. Tapi kalau gak pernah dikontrol, ya itu sayang banget dan percuma," bebernya. 

Bahkan demi hal tersebut, Kak Seto rela untuk dilibatkan kembali dalam perjuangan memberantas kekerasan terhadap anak. 

"Sampaikan kepada Ibu Wali (Airin Rachmy Diani) untuk lakukan monitoring. Saya kalau mau dilibatkan, ya ayo. Tinggal saya kumpulkan lagi ketua RT dan RW untuk diingatkan kembali," ungkapnya yang juga berharap upaya tersebut dapat berjalan, sehingga kasus kekerasan terhadap anak di Tangsel bisa teratasi.(RMI/HRU)

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

BANTEN
Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:22

Sebanyak 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat santunan dari Pemerintah dan DPRD Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

TANGSEL
Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Tangsel Tuan Rumah Porprov Banten 2026, Begini Persiapannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:36

Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Banten 2026 mendatang akan diselenggarakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill