Connect With Us

Belajar & Bekerja, Program Baru di Universitas Prasetiya Mulya BSD

Rachman Deniansyah | Selasa, 12 Maret 2019 | 17:00

| Dibaca : 469

Kegiatan peresmian kantor untuk pengembangan terhadap Program Pembelajaran Kerja Terpadu (Co-Op Office) untuk Universitas Prasetiya Mulya BSD, Selasa (12/3/2019). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Universitas Prasetiya Mulya BSD meresmikan kantor baru untuk pengembangan Program Pembelajaran Kerja Terpadu (Co-Op Office), Selasa (12/3/2019).

Peresmian program hibah dari Risk Management, Economic Sustainability, and Actuarial Science Development in Indonesia (READI) Project itu dilaksanakan di auditorium lantai 3 Universitas Prasetiya Mulya BSD, Kavling Edutown, Jalan BSD Raya Utama, Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

READI Project merupakan suatu proyek yang didanai oleh Pemerintah Kanada (Global Affairs Canada) yang bertujuan menjadikan Indonesia sebagai pusat keunggulan ilmu aktuaria dan manajemen risiko di kawasan regional.

Fasilitas baru yang tersedia diantaranya ruangan wawancara untuk melatih kecapakan komunikasi, fasilitas untuk pembelajaran daring (online), dan sebagainya.

Diketahui, Co-Op atau Cooperative Education merupakan elemen yang bersinergi dengan kurikulum universitas untuk mahasiswa strata satu (S1) agar memiliki pengalaman kerja yang nyata selayaknya pekerja di sebuah perusahaan. Program yang mulai diterapkan tahun 2017 itu bertujuan mempersiapkan mahasiswa memiliki ketrampilan layaknya di dunia kerja.

Melalui program ini, mahasiswa juga akan memperoleh pendidikan sambil bekerja di suatu perusahaan sejak semester awal. 

Direktur Pembinaan Kelembagaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi  (Kemenristek Dikti), Totok Prasetyo yang hadir dalam peresmian tersebut mengatakan, bahwa 

Program ini betul-betul berguna untuk memberikan bekal kepada mahasiswa. Ia mengharapkan universitas memiliki link and match dengan industri. 

"Diharapkan akan ada link and match antara universitas dengan industri. Sekarang di perguruan tinggi sudah diawali Prasetiya Mulia," ungkapnya. 

Karena program itu dinilainya sangat baik, Totok juga mengatakan telah menugaskan 9 perguruan tinggi di Indonesia untuk mengimplementasikannya. Ia menyebutkan beberapa kampus itu adalah Universitas Prasetiya Mulya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Indonesia (UI).

Sementara, Rektor Universitas Prasetiya Mulya BSD, Djisman S. Simanjuntak mengatakan, program Co-Op ini merupakan bentuk gabungan dari pembelajaran kelas dengan pekerjaan. 

"Jadi dengan gabungan dari pembelajaran kelas dengan bekerja secara benar dapat kita arahkan mahasiswa untuk belajar sambil mengetahui lebih dalam dunia pekerjaan. Sehingga bisa lebih tertuju," jelasnya. 

Program Co-Op ini, lanjutnya, akan dilaksanakan secara bertahap. Dimulai dari Prodi Matematika Bisnis dan kemudian akan diterapkan pada prodi lainnya. 

"Target kita ke semua prodi. Semua prodi yang mengarah ke profesi, seperti akuntansi, hukum, dan lainnya akan bisa kita integrasikan ke program Co-Op," ungkapnya. 

Djisman menuturkan, bahwa pihaknya telah mempunyai jaringan perusahaan yang cukup banyak. Namun, untuk saat ini pihaknya baru bekerjasama dengan perusahaan yang berbasis keuangan. 

"Karena ini baru untuk prodi Matematika Bisnis. Jadi umumnya baru perusahaan di bidang keuangan. Sebagian perusahaan Start Up, sebagian asuransi, sebagian bank dalam kaitan terutama manajemen resiko," bebernya.(MRI/RGI)

TagsTangsel
BANDARA
22 September Flynas Beroperasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

22 September Flynas Beroperasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Minggu, 22 September 2019 | 14:54

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Kantor Cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai penyedia jasa bandara menyatakan, ada maskapai penerbangan regular baru yang beroperasi di Terminal 3.

TOKOH
Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Selasa, 9 Juli 2019 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Ahmad Amarullah resmi ditetapkan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) masa jabatan 2017–2021 atau melanjutkan jabatan almarhum Achmad Badawi yang meninggal dunia 4 Juni 2019 lalu.

BISNIS
Warung Sambal Cetar di Binong, Pedasnya Tak Diragukan

Warung Sambal Cetar di Binong, Pedasnya Tak Diragukan

Senin, 23 September 2019 | 14:24

TANGERANGNEWS.com—Kuliner pedas yang dilumuri sambal menjadi tren makanan saat ini. Bagi yang hobi menyantap makanan pedas, kini ada Warung Makan Sambar Cetar yang menyediakan makanan pembakar lidah.

"Semua pengalaman dalam hidup mengajarkan pada kita hal - hal yang penting untuk terus maju."

Brian Tracy