Connect With Us

Terungkap Penyebab Amblasnya Ruas Jalan Puspitek Raya

Rachman Deniansyah | Rabu, 13 Maret 2019 | 17:00

Terlihat alat berat sedang memperbaiki jalan yang amblas dengan lebar sekitar dua meter di pinggir Jalan Raya Puspitek tepatnya di depan perumahan Serpong Jaya, Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (13/3/2019). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Penyabab lubang besar di Jalan Raya Puspitek, tepatnya di depan perumahan Serpong Jaya, Serpong, Tangsel akhirnya terkuak.

Personel UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Banten, Ilham Pebrianshah, menjelaskan, lubang dengan ukuran sekitar 1 x 2 meter dipicu karena plat duiker.

Plat duiker merupakan bangunan kontruksi berupa beton yang berguna sebagai penyangga antara jalan dengan gorong-gorong atau saluran air di bawah tanah.

"Kita mendapat laporan bahwa plat duiker itu patah sejak Selasa kemarin, jam 03.00 WIB," jelas Ilham kepada TangerangNews di lokasi, Rabu (13/3/2019).

Akibatnya, erosi pun terjadi di bawah jalan tersebut, sehingga hanya dalam hitungan jam, jalan pun amblas.

"Kemarin saat kita lubangi, ternyata sudah habis semua, bawahnya benar-benar kosong.  Karena erosi terbawa air, sehingga amblas ke bawah," terangnya. 

Saat ini petugas tengah memperbaiki jalan tersebut. Plat duiker yang patah tersebut diganti menggunakan box culvert, material beton untuk gorong-gorong berbentuk kotak dengan kedalaman sekitar tujuh meter.

"Saat ini kita lagi memasang box culvert yang baru. Rencana akan dipasang sebanyak 18 buah, saat ini baru 14 buah," tutur Ilham. 

Ilham menjelaskan, pekerjaan tersebut akan selesai selama tujuh hari, sehingga setengah badan jalan pun ditutup. Antrean kendaraan pun terjadi karena digunakan sistem buka tutup untuk arus lalu lintas dikedua arah.

"Untuk memasang box culvert malam ini selesai, kemudian finishing selama tujuh hari. Kira-kira jalan bisa dipakai kembali hari Rabu atau Kamis depan," tukasnya.(MRI/RGI)

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

BANTEN
Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Tol Tangerang-Merak Dilebarkan Jadi 3 Lajur dari Serang Barat hingga Cilegon Timur

Jumat, 26 April 2024 | 18:55

Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak pada tahun ini melakukan pekerjaan proyek konstruksi penambahan lajur ketiga, pada segmen Serang Barat (KM 77+375) sampai dengan Cilegon Timur (KM 87+150).

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill