Connect With Us

Airin Jabat Ketua ICSB Provinsi Banten

Rachman Deniansyah | Jumat, 15 Maret 2019 | 18:00

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany saat dilantik sebagai ketua International Council For Small Business (ICSB) tingkat Provinsi Banten, Jumat (15/3/2019). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany dilantik sebagai ketua International Council For Small Business (ICSB) tingkat Provinsi Banten, Jumat (15/3/2019).

Pelantikan itu yang dipimpin oleh Presiden ICSB Indonesia, Jacky Mussry itu dihelat di Aula Pendopo Gubernur Banten, Jalan Veteran Nomor 3, Serang, Banten.

ICSB adalah organisasi nonprofit yang membantu pengembangan kewirausahaan di tanah air bersama empat pilar pendukungnya, yaitu akademisi, peneliti, pemerintah dan pelaku bisnis. Organisasi ini berpusat di Washington, Amerika Serikat. 

Presiden ICSB Indonesia, Jacky Mussry mengatakan, jumlah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia saat ini begitu besar. Namun tak sebanding dengan tingkat daya saing, baik dilevel lokal maupun internasional. Maka dari itu, ia mengajak para stakeholder terkait untuk bersama-sama membina para pelaku UMKM agar dapat lebih kompetitif. 

“Organisasi ini kami harapkan bisa memberikan kontribusi yang strategis kepada UMKM, agar mereka lebih kompetitif. Untuk itu, kami mohon dukungan dari kementerian dan segenap pengurus supaya sama berkontribusi,” tutur Jacky.

Menteri Koperasi dan UMKM, AA Gede Ngurah Puspayoga yang hadir dalam pelantikan ICSB Provinsi Banten itu, menjelaskan bahwa dengan adanya program Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) akan dapat memudahkan dan meningkatkan kemampuan dan kualitas produksi. 

“Sekarang ekspor impor semakin mudah. Kalau ada pengusaha yang memproduksi sesuatu bahan bakunya dari luar negeri, biaya masuknya bebas. Dan tentunya administrasi sangat dipermudah, biayanya pun bebas tidak dikenakan, sehingga cross produknya rendah, produksi meningkat, kualitas meningkat,” jelasnya.

Dia menjelaskan, di Boyolali, sudah ada sekitar 120 pengrajin yang bahan produksinya berasal dari Bugaria, yakni berupa tembaga yang kemudian dibuat kerajinan seperti lampu dan lainnya. Kemudian produknya diekspor ke beberapa negara, seperti Belanda dan Jepang. Ia berharap, hal serupa juga bisa diterapkan di Banten. 

“Adanya program KITE ini untungnya bertambah banyak, proses barang masuk bebas, persyaratannya dipermudah, ekspornya bebas, dan diharapkan di Banten harus jalan juga. Kalau untuk UKM lainnya bisa dinas yang membina. Saya minta untuk yang tujuan ekspor dibantu. Ibu Airin jika ada hal yang dibutuhkan untuk teman-teman silahkan kontak ke kami,” bebernya.

Sementara, Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya beserta jajaran ICSB Provinsi Banten. 

“Sebagai kehormatan apa yang menjadi visi dan misi ICSB merupakan sebuah hal yang sangat baik. Sudah sepatutnya kami semua senantiasa memanjatkan doa, dan diberikan kekuatan, kesehatan, kemudahan agar bisa menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya," ucap Airina.

Dikatakannya juga, usaha mikro kecil dan menengah harus didukung dan dikembangkan. Mengingat perannya yang begitu penting dalam menyerap tenaga kerja. Posisinya sangat strategis dalam perkembangan ekonomi di wilayah, dan mampu menopang perekonomian nasional. 

“Kita berharap UKM yang ada di Provinsi Banten akan menjadi yang maju, mandiri. Tidak hanya di Provinsi Banten saja, namun juga se-Indonesia, bahkan ekspor ke negara lain," tukasnya.(MRI/RGI)

KOTA TANGERANG
Dibuka 23-29 April, Ini Syarat Daftar Anggota PPK Pilkada Kota Tangerang

Dibuka 23-29 April, Ini Syarat Daftar Anggota PPK Pilkada Kota Tangerang

Rabu, 24 April 2024 | 21:50

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang tahun 2024 bakal segera berlangsung. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang pun telah membuka proses seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

SPORT
Jadi Perwakilan PLN, Jakarta Electric Optimistis Capai Papan Atas PLN Mobile Proliga 2024

Jadi Perwakilan PLN, Jakarta Electric Optimistis Capai Papan Atas PLN Mobile Proliga 2024

Rabu, 24 April 2024 | 18:53

PT PLN (Persero) secara resmi meluncurkan tim voli putri Jakarta Electric PLN untuk mengarungi kompetisi PLN Mobile Proliga 2024 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, 23 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill