Connect With Us

Seleksi Calon Paskibraka, PPI Tangsel Libatkan Media

Rachman Deniansyah | Kamis, 21 Maret 2019 | 18:37

| Dibaca : 858

Suasana Tes seleksi penerimaan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Tangerang Selatan. (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Dalam penerimaan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Tangerang Selatan akan melibatkan unsur media saat tahap seleksi.

Keterlibatan perwakilan media untuk pertama kalinya tersebut terutama pada saat tes wawancara. 

"Tahun ini media dilibatkan juga jadi tim seleksi. Nanti media fokus pada saat tes wawancara," jelas Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Tangsel, Warta Wijaya kepada TangerangNews, Kamis (21/3/2019).

Hal tersebut, kata dia, sesuai dengan Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia nomor 0065 tahun 2015, tentang

Penyelenggaraan Kegiatan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Dalam regulasi itu dinyatakan bahwa tim penilai Paskibraka merupakan aspek yang amat penting, karena tim ini yang akan menentukan lulus atau tidaknya seorang siswa/siswi peserta seleksi menjadi Paskibraka.

Tim penilai Paskibraka adalah orang yang memiliki kemampuan dan berpengalaman untuk setiap materi seleksi yang akan diujikan. Terdiri dari gabungan berbagai unsur, seperti TNI, Polri, Perguruan Tinggi (akademisi), tenaga medis, jurnalis (wartawan) dan Kementerian/lembaga.

Sementara, Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Tangsel, Endang menjelaskan, bahwa terlibatnya unsur media ini merupakan perintah dari pusat. 

"Ada perintah dari Kemenpora soal unsur tim seleksi disebutkan disitu ada media. Saya mencoba berupaya dan bisa dilaksanakan atau tidak," ungkapnya. 

Menurutnya, hal yang akan ditanyakan kepada para calon Paskibraka, yakni meliputi pengetahuan umum. 

"Media ikut dibagian di tes wawancara, semisal soal pengetahuan umum. Namun saya juga berpikiran, unsur media dilibatkan untuk konteks mensosialisasikan Paskibraka di Tangsel," terangnya. 

Saat ini, penerimaan para calon Paskibraka masih memasuki tahap pendaftaran yang akan berakhir pada hari Jumat (22/3/2019). Kemudian akan dilanjutkan ke tahap tes yang dilaksanakan pada Selasa (26/3/2019) di Balai Kota Tangsel, Jalan Maruga Raya, Serua, Ciputat, Tangsel.(RMI/HRU)

OPINI
HMB Jakarta Apresiasi Penyatuan Wilayah Hukum Polda Banten

HMB Jakarta Apresiasi Penyatuan Wilayah Hukum Polda Banten

Selasa, 8 September 2020 | 10:46

Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) Jakarta dukung upaya penyatuan wilayah

TOKOH
Dunia Pers Berduka, Jakob Oetama Tutup Usia

Dunia Pers Berduka, Jakob Oetama Tutup Usia

Rabu, 9 September 2020 | 16:14

TANGERANGNEWS.com-Kabar duka datang dari dunia pers Indonesia, wartawan senior Jakob Oetama meninggal dunia hari ini, Rabu (9/9/2020)

MANCANEGARA
Tolak Ganti Rugi, Rumah Ini Berdiri di Tengah Jembatan 

Tolak Ganti Rugi, Rumah Ini Berdiri di Tengah Jembatan 

Selasa, 8 September 2020 | 11:26

TANGERANGNEWS.com-Sebuah rumah berdiri di tengah jembatan jalan Raya yang

PROPERTI
Duta Indah Residence Tawarkan Rumah Berkonsep Town House di Tangerang

Duta Indah Residence Tawarkan Rumah Berkonsep Town House di Tangerang

Selasa, 15 September 2020 | 10:54

TANGERANGNEWS.com– Salah satu kota penyangga Jakarta yang menjadi incaran masyarakat untuk memiliki hunian adalah Tangerang. Perkembangan properti di kawasan ini sangat pesat karena kebutuhan rumah tinggal masih tinggi

"Kerja sama terjadi bukan karena tak ada konflik, tetapi sebagai sarana untuk mengelola konflik."

Qoute