Connect With Us

PP IPTEK & Puluhan Siswa Kunjungi Puspitek di Tangsel

Rachman Deniansyah | Jumat, 22 Maret 2019 | 22:11

| Dibaca : 514

Kegiatan kunjungan kerja Kemenristekdikti ke Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan (Puspitek) di Jalan Raya Puspitek, Muncul, Setu, Tangerang Selatan, Jumat (22/03/2019). (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan kunjungan kerja ke Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan (Puspitek) di Jalan Raya Puspitek, Muncul, Setu, Tangerang Selatan, Jumat (22/03/2019).

Kunjungan ilmiah serupa juga  dilakukan ke beberapa laboratorium IPTEK, diantaranya Pusat Teknologi Industri Pertahanan dan Keamanan (PTIPK), Balai Bioteknologi, Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), dan Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC). 

Kepala Program dan Pendidikan PP- IPTEK, Putu Lia Suryaningsih

Dalam kunjungannya tersebut PP-IPTEK membawa para pelajar sebanyak 25 kelompok, terdiri dari 75 orang pelajar yang berasal dari 11 SMP/SMA di wilayah Jabodetabek dengan usia sekitar 13 - 15 tahun.

Sebelum melakukan kunjungan ilmiah, para pelajar tersebut terlebih dahulu mengikuti kompetisi Discovery Camp yang diadakan kemarin di PP - IPTEK TMII Jakarta Timur.

Kepala Program dan Pendidikan PP- IPTEK, Putu Lia Suryaningsih mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan mengedukasi para pelajar terkait perkembangan teknologi Indonesia.

"Kunjungan ini dalam rangka mengedukasi para pelajar tentang perkembangan teknologi Indonesia. Pengetahuan mereka tentang Puspitek terbatas, mindset mereka pada Puspitek tahunya hanya ilmiah. Setelah berkunjung jadi mereka paham bahwa Indonesia juga bisa mengembangkan Pesawat Nir awak, yang bisa dikembangkan dalam rangka membantu memadamkan kebakaran hutan dan membuat hujan buatan," paparnya. 

Setelah melakukan kunjungan, lanjutnya, para pelajar tersebut diminta membuat laporan berupa karya tulis sebagai bagian proyek penelitian.

Lia berharap kunjungannya ke Puspitek dapat membuka cakrawala bagi para pelajar tentang perkembangan teknologi di Indonesia.

"Kita berharap dapat membuka cakrawala mereka,  bahwa Indonesia punya banyak pusat sains untuk dikembangkan bagi ilmu pengetahuan Indonesia," harapnya. 

Sementara itu, Telisya, salah seorang peserta asal SMP Islam Tugasku Pulomas Jakarta mengatakan dirinya merasa puas dan tertarik akan perkembangan teknologi yang diperagakan di ruang Pertahanan dan Keamanan.

"Saya sangat tertarik dan kagum dari teknologi yang 'didisplay'. Semula saya bercita-cita ingin jadi dokter, tapi setelah berkunjung ke Puspitek ini, saya akan merubah cita-cita  saya menjadi engine, sebab saya ingin membantu mengembangkan teknologi Indonesia," ucapnya.(RMI/HRU)

KAB. TANGERANG
Tikus Gigit Wanita Ini Sampai Berdarah di Bioskop XXI SMS

Tikus Gigit Wanita Ini Sampai Berdarah di Bioskop XXI SMS

Minggu, 19 Januari 2020 | 23:00

TANGERANGNEWS.com-Seorang wanita yang merupakan pengunjung Summarecon Mal Serpong (SMS), Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang saat menonton film di bioskop XXI pusat perbelanjaan kakinya digigit hingga mengeluarkan darah.

TEKNO
Talenta Muda Apple Developer Academy di BSD City Ciptakan Beragam Aplikasi

Talenta Muda Apple Developer Academy di BSD City Ciptakan Beragam Aplikasi

Selasa, 14 Januari 2020 | 18:25

TANGERANGNEWS.com-Apple Developer Academy ketiga di dunia yang berlokasi di BSD City, kini telah meluluskan sebanyak 194 talenta muda yang

WISATA
7 Destinasi Liburan Keluarga Paling Istimewa di Padang

7 Destinasi Liburan Keluarga Paling Istimewa di Padang

Jumat, 15 November 2019 | 16:04

TANGERANGNEWS.com-Katakan segala hal yang Anda ketahui mengenai Padang. Mulai dari Teluk Bungus, Kepulauan Mentawai, Wisata Bukittinggi, Taman Nasional Kerinci Seblat, Batu Malin Kundang, Sambal Balado, dan Jam Gadang.

"Jangan hanya membicarakan rencana anda kepada orang lain. Tunjukkan pada mereka keberhasilan Anda. "

Mahesh Jerri