Connect With Us

PP IPTEK & Puluhan Siswa Kunjungi Puspitek di Tangsel

Rachman Deniansyah | Jumat, 22 Maret 2019 | 22:11

| Dibaca : 342

Kegiatan kunjungan kerja Kemenristekdikti ke Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan (Puspitek) di Jalan Raya Puspitek, Muncul, Setu, Tangerang Selatan, Jumat (22/03/2019). (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Pusat Peragaan IPTEK (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan kunjungan kerja ke Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan (Puspitek) di Jalan Raya Puspitek, Muncul, Setu, Tangerang Selatan, Jumat (22/03/2019).

Kunjungan ilmiah serupa juga  dilakukan ke beberapa laboratorium IPTEK, diantaranya Pusat Teknologi Industri Pertahanan dan Keamanan (PTIPK), Balai Bioteknologi, Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE), dan Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC). 

Kepala Program dan Pendidikan PP- IPTEK, Putu Lia Suryaningsih

Dalam kunjungannya tersebut PP-IPTEK membawa para pelajar sebanyak 25 kelompok, terdiri dari 75 orang pelajar yang berasal dari 11 SMP/SMA di wilayah Jabodetabek dengan usia sekitar 13 - 15 tahun.

Sebelum melakukan kunjungan ilmiah, para pelajar tersebut terlebih dahulu mengikuti kompetisi Discovery Camp yang diadakan kemarin di PP - IPTEK TMII Jakarta Timur.

Kepala Program dan Pendidikan PP- IPTEK, Putu Lia Suryaningsih mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan mengedukasi para pelajar terkait perkembangan teknologi Indonesia.

"Kunjungan ini dalam rangka mengedukasi para pelajar tentang perkembangan teknologi Indonesia. Pengetahuan mereka tentang Puspitek terbatas, mindset mereka pada Puspitek tahunya hanya ilmiah. Setelah berkunjung jadi mereka paham bahwa Indonesia juga bisa mengembangkan Pesawat Nir awak, yang bisa dikembangkan dalam rangka membantu memadamkan kebakaran hutan dan membuat hujan buatan," paparnya. 

Setelah melakukan kunjungan, lanjutnya, para pelajar tersebut diminta membuat laporan berupa karya tulis sebagai bagian proyek penelitian.

Lia berharap kunjungannya ke Puspitek dapat membuka cakrawala bagi para pelajar tentang perkembangan teknologi di Indonesia.

"Kita berharap dapat membuka cakrawala mereka,  bahwa Indonesia punya banyak pusat sains untuk dikembangkan bagi ilmu pengetahuan Indonesia," harapnya. 

Sementara itu, Telisya, salah seorang peserta asal SMP Islam Tugasku Pulomas Jakarta mengatakan dirinya merasa puas dan tertarik akan perkembangan teknologi yang diperagakan di ruang Pertahanan dan Keamanan.

"Saya sangat tertarik dan kagum dari teknologi yang 'didisplay'. Semula saya bercita-cita ingin jadi dokter, tapi setelah berkunjung ke Puspitek ini, saya akan merubah cita-cita  saya menjadi engine, sebab saya ingin membantu mengembangkan teknologi Indonesia," ucapnya.(RMI/HRU)

TOKOH
Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Selasa, 9 Juli 2019 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Ahmad Amarullah resmi ditetapkan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) masa jabatan 2017–2021 atau melanjutkan jabatan almarhum Achmad Badawi yang meninggal dunia 4 Juni 2019 lalu.

WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

AYO! TANGERANG CERDAS
STMIK Raharja Tangerang Resmi Jadi Universitas

STMIK Raharja Tangerang Resmi Jadi Universitas

Sabtu, 29 Juni 2019 | 13:20

TANGERANGNEWS.com-Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Raharja resmi beralih status menjadi Universitas.

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt