Connect With Us

Perusahaan Perdagangan di Tangsel Mayoritas Importir

Rachman Deniansyah | Rabu, 27 Maret 2019 | 16:00

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memiliki 691 perusahaan ekspor dan impor. Namun, 70 persennya adalah importir. Mereka pun didorong untuk mulai merambah segmen ekspor.

Hal itu mengemuka saat 125 pelaku usaha eksportir maupun importir, serta para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) bertemu dengan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam kegiatan bertajuk 'Temu Pelaku Usaha Impor dan Ekspor'  yang bertempat di Aula Puspemkot Lantai 4, Jalan Maruga Raya, Serua, Ciputat, Tangsel, Rabu (27/3/2019).

Airin mengatakan, meski pun saat ini perusahaan perdagangan yang ada masih mayoritas importir, namun potensi itu dinilai tetap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tangsel. 

“Jika mereka (pelaku usaha) sukses akan menjadi multiefek untuk lingkungan sekitarnya,” ujar Airin saat memberikan sambutannya.

Airin juga meminta kepada pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM), untuk secara masif menggunakan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE). Pasalnya, fasilitas yang diluncurkan pemerintah sejak Januari 2017 itu bertujuan untuk menurunkan biaya produksi dan meningkatkan pendapatan sehingga memacu produktivitas serta daya saing IKM.

Sementara, Kepala Disperindag Tangsel, Maya Mardiani, mengatakan, temu eksportir dan importir ini dalam rangka menambah wawasan terkait ekspor dan impor. Selain itu, menurutnya, pemerintah juga telah memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha dalam bentuk regulasi. 

“Kita ingin memberikan wawasan kepada mereka, akan kemudahan ekspor, untuk itu saya mengundang  Free Trade Agreement (FTA) Center dibawah Kementerian Perdagangan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi pelaku usaha ini untuk mampu bersaing di pasar global. FTA Center juga membantu pelaku usaha dalam proses ekspor seperti prosedur ekspor, promosi hingga pemasaran," imbuhnya.

Bagi pelaku IKM di Tangsel, kata dia, keberadaan FTA Center dapat membantu IKM atau UKM dalam meningkatkan kualitas dalam ekspor.

Dengan persentase yang menunjukkan bahwa impor lebih banyak dari pada ekspor, Maya berharap kepada para importir untuk dapat merambah menjadi ekspor. 

“Untuk itu saya berharap para importir ini merambah ke eksportir. Saya meminta tolong kepada narasumber dari Kementerian, FTA Center, Beacukai dan lainnya, untuk menjelaskan kemudahan apa saja yang didapat atau bentuk regulasi apa saja yang ada untuk pelaku usaha ini,” tukasnya.(MRI/RGI)

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

NASIONAL
Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sisa THR Bingung Mau Dipakai Apa? Lakukan Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 12:59

Libur Lebaran 2024 memang telah usai. Namun, ternyata masih ada dari kita yang memiliki sisa Tunjangan Hari Raya (THR) dan belum memanfaatkannya betul.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill