Connect With Us

Benyamin Davnie Sebut Medsos Bisa Picu Bencana

Rachman Deniansyah | Kamis, 28 Maret 2019 | 16:00

| Dibaca : 164

Kegiatan yang bertajuk 'Sosialisasi Sekolah Siaga Bencana Tingkat SMA' yang di gelar oleh Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel, di Resto Kampung Anggrek, Jalan Raya Viktor, Buaran, Serpong, Tangsel, Kamis (28/3/2019). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie menilai, bencana bukan hanya berasal dari alam, melainkan dapat berasal dari media sosial (medsos). 

Pernyataan tersebut diungkapkan Benyamin saat menghadiri kegiatan yang dihelat oleh Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel di Resto Kampung Anggrek, Jalan Raya Viktor, Buaran, Serpong, Tangsel, Kamis (28/3/2019).

Kegiatan bertajuk 'Sosialisasi Sekolah Siaga Bencana Tingkat SMA' tersebut dihadiri sekitar 120 pelajar yang berasal dari 24 sekolah tingkat SMA di Tangsel. 

"Yang sangat bahaya itu, kejadiannya bisa tak dirasakan. Seperti yang tadi saya katakan ke adik-adik, soal tawuran yang diawali dari medsos," ungkapnya. 

Karenanya, Benyamin mengingatkan kepada para pelajar tersebut, medsos bisa bermanfaat namun juga bisa berbahaya. Ia mencontohkan sisi negatif medsos adalah mempercepat dan memperbanyak friksi di masyarakat.

"Teknologi mempunyai sisi positif, namun ada juga sisi negatifnya, itu yang harus kita gaungkan," tegasnya. 

Senada dengan Benyamin, Kepala BPBD Tangsel, Chaerudin mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya memberikan edukasi bahwa bencana dapat diartikan luas. 

"Kita kasih tahu edukasinya dulu bahwa bencana itu banyak, bukan masalah bencana alam saja, namun moral dan lainnya," jelas Chaerudin. 

Sementara untuk pemahaman atas penanggulangan bencana pada umumnya, kata dia, para pelajar itu diberikan pengetahuan terkait tugas dan fungsi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Search and Rescue Nasional atau Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

"Harapannya dari pengetahuan itu, mereka (para pelajar) bisa menularkannya kepada lingkungan sekitar, seperti keluarga, teman, dan lainnya," tukasnya.(MRI/RGI)

HIBURAN
Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin?  Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Rindu Liburan Bernuansa Pedesaan dengan Suhu Dingin? Datang ke ICEFEST 2019 Yuk

Kamis, 11 April 2019 | 16:00

TANGERANGNEWS.com-Bagi anda yang rindu liburan bernuansa pedesaan dengan suhu sangat dingin, mari kita datang ke ICEFEST 2019 pada 19 - 29 Desember di ICE BSD, Kabupaten Tangerang.

BANDARA
Mudik Lebaran, Bandara Soekarno-Hatta Tambah 464 Penerbangan

Mudik Lebaran, Bandara Soekarno-Hatta Tambah 464 Penerbangan

Rabu, 29 Mei 2019 | 12:08

TANGERANGNEWS.com-PT Angkasa Pura II (Persero) menyiapkan 464 extra flight di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam menghadapi angkutan mudik Lebaran 2019.

"Jurnalisme, karena menyangkut pengumpulan informasi, sedikit berbeda dari pekerjaan intelijen. Dalam penilaian saya, pekerjaan seorang jurnalis sangat menarik."

Vladimir Putin (Presiden Rusia)