Connect With Us

E-Goverment, Tangsel Raih Predikat Kota Baik

Advertorial | Kamis, 28 Maret 2019 | 19:00

| Dibaca : 307

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla memberikan penghargaan E-Goverment, kepada Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3/2019). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS>com-Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dinilai telah berhasil mempraktikkan tata kelola pemerintahan berbasis digital ( E-Goverment ). 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pun memberikan penghargaan dengan predikat Kota Baik se-Indonesia dalam laporan hasil evaluasi sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE). 

Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla kepada Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Dalam kesempatan itu, Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengatakan, kecepatan pelayanan dan teknologi menjadi kunci sistem pemerintahan yang berhasil.

"Karena itu maka sistem yang banyak, apakah e-Budgeting, atau e-Control, e-Audit yang macam-macam harus kita pergunakan, harus berubah dan banyak perubahan yang efektif," beber JK.

Dengan adanya perkembangan teknologi internet, menurutnya, ada beberapa hal yang berubah dari perilaku masyarakat dan pelayanan, baik dalam hal perizinan, perbankan hingga perpajakan.

JK mengharapkan, untuk adanya jaringan komunikasi nasional yang dapat mengintegrasikan informasi baik antar kementerian, lembaga, hingga pemerintah daerah. Hal tersebut tentu berguna bagi koordinasi dan komunikasi. 

"Harapan kita adalah bagaimana suatu bangsa bisa lebih terpadu, bisa lebih efisien, bisa lebih cepat. Komunikasi layanan bisa lebih baik dan ada standarisasi," harapnya.

Sementara itu, setelah mendapatkan penghargaan tersebut, Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, berharap, Pemkot Tangsel akan semakin termotivasi untuk menerapkan SPBE dengan lebih baik lagi.

“Kita berharap dengan penerapan SPBE ini, kualitas pelayanan kepada masyarakat akan lebih baik lagi,” tukasnya.

Airin menegaskan, dalam kebijakan SPBE, yang utama adalah komitmen pimpinan instansi pemerintah untuk mau melakukan transformasi tata kelola pemerintahan yang berbasis elektronik.

“Tanpa ada komitmen kuat, serta tanpa ada keinginan, tanpa ada kesadaran diri, maka penerapan SPBE tidak akan berjalan,” tegasnya.(ADV)

MANCANEGARA
Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Fethullah Gulen Tuding Erdogan Rusak Demokrasi Turki

Selasa, 26 Maret 2019 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Ulama kharsimatik, Fethullah Gulen menilai demokrasi di Turki telah dirusak Presiden Recep Tayyip Erdogan. Namun Fethullah Gulen percaya kondisi itu tak akan berlangsung lama.

OPINI
Suhendar dan Pilkada Tangsel

Suhendar dan Pilkada Tangsel

Kamis, 20 Juni 2019 | 23:48

Bila selama ini isu pergerakan Tangerang Selatan seringkali bermula dari kawasan Ciputat, kini tawaran gerakan perubahan lahir dari daerah paling ujung

TEKNO
LIPI Pamerkan Hasil Penelitian di Serpong

LIPI Pamerkan Hasil Penelitian di Serpong

Selasa, 2 Juli 2019 | 15:11

TANGERANGNEWS.com-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Fisika (P2F) memamerkan sejumlah hasil penelitiannya di Pusat Penelitian Fisika LlPl, Kawasan Puspitek Serpong,

"Kita mungkin akan kecewa jika gagal, tapi kita telah gagal bila kita tidak mencoba."

Eleanor Roosevelt