Connect With Us

Airin : Pendidikan Adalah Harga Mati

| Senin, 24 Mei 2010 | 21:50

Diskusi dengan mahsiswa UIN, Airin Rachmi Diany. (marimenatatangsel.com / marimenatatangsel.com)

TANGERANGNEWS- Pendidikan sebagai sumbu dari sebuah kemajuan dan kebangkitan adalah fakta yang tak terbantahkan. Bisa dikatakan, faktor pendidikan inilah yang melatari lahirnya semangat kebangkitan nasional yang menjadi cikal-bakal lahirnya Indonesia. Bermula dari pemberian akses pendidikan, masyarakat Indonesia lalu tercerahkan dan lahirlah perjuangan untuk bangkit dan bersatu.
      
Karena itu, akses pendidikan ini harus terus ditingkatkan dan diperluas. Bisa dikatakan, keterpurukan dan krisis yang terus mendera bangsa selama ini diakibatkan oleh kurangnya kualitas dan horizon pendidikan. Berangkat dari kesadaran dan semangat untuk bangkit melalui peningkatan pendidikan inilah Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Syarif Hidayatullah Ciputat menggelar Diskusi Terbuka dengan tema “Perempuan, Pendidikan dan Kebangkitan Nasional” yang bertempat di Aula SC UIN, Senin 24/05.
 
Hadir sebagai pembicara Dra Nurlena Rifa’i Phd., Dra Ida Rosyida MA., dan Hj. Airin Rachmi Diany SH MH. Diskusi yang dihadiri oleh sekitar 300 mahasiswa dan anggota PSW ini ditandai dengan pertarungan gagasan dan ide antara mahasiswa dan pembicara untuk menyamakan visi diseputar tema pendidikan, perempuan dan kebangkitan nasional terutama di Tanggerang Selatan (Tangsel).
 
Ketiga pembicara sepakat bahwa peningkatan pendidikan adalah harga mati untuk bangkit dan upaya ini harus dimulai dari lingkungan serta daerah sendiri, yakni Kota Tanggerang Selatan (Tangsel). Tidak hanya itu, baik Airin maupun Nurlela dan Ida Rosyida yang keduanya aktif sebagai dosen UIN setuju bahwa Tangsel ini memiliki potensi besar untuk menjadi kota pendidikan.
 
Menurut Airin, potensi itu setidaknya terlihat dari lembaga pendidikan yang berkualitas mulai TK, SD, SLTP, SLTA sampai perguruan  tinggi berstandar internasional yang mulai tersebar di Tangsel. Hal ini ditambah dengan mulai banyaknya SDM handal yang dimiliki. Airin memaparkan, sesuai dengan data pendidikan Dinas Pendidikan, setidaknya jumlah sarjana yang ada di masing-masing tujuh kecamatan mencapai 8.71 %. Tidak hanya itu, dari hasil survey WDI yang dilakukan pada April 2010 terlihat bahwa 79.48% responden mengatakan kondisi sarana pendidikan baik dan 78.22 mengatakan kualitas pendidikan baik.
 
“Tentu ini harus terus dikonsolidasikan dengan terus memberi kemudahan akses terhadap Infrastruktur dan sarana penunjang pendidikan seperti Laboratorium, perpustakaan dan Information teknologi (IT)”, Jelasnya.
 
Namun demikian, Airin mengakui bahwa potensi ini dihadapkan pada banyak persoalan yang harus diselesaikan, diantaranya adalah biaya pendidikan yang masih mahal dan akses masyarakat miskin terhadap layanan pendidikan  berkualitas juga masih sulit. Untuk mengatasi masalah ini, Airin mencanangkan konsep pendidikan berkualitas tapi murah dengan terus mengupayakan pemberian beasiswa pada mereka yang tidak mampu dan berprestasi.
      Disamping itu, peningkatan pendidikan dalam ranah budaya sebagai pendorong dan penyangga pendidikan formal juga harus terus diupayakan. Sebab, disinilah jiwa pendidikan sebenarnya. “Karena itu, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sebagai sarana peningkatan minat baca masyarakat dan ruang pengembangan pengetahuan memiliki peran strategis”, imbuh Airin.
 
      Rahmi Hidayatullah, mahasiswa UIN yang berkesempatan berdialog dengan pembicara mengungkapkan bahwa gagasan dan Visi Airin, terutama dalam meningkatkan pendidikan sangat bagus dan perlu diapresiasi. “seperti pak Komaruddin rektor UIN katakan bahwa bu Airin telah memasyarakatkan minat baca, saya juga sepakat dan memang program-program pendidikan bu Airin bagus”, katanya. (ADV)
 
 

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill