Connect With Us

Waduh, 60 Persen Dana Kelurahan di Tangsel  Belum Terserap

Yudi Adiyatna | Rabu, 12 Juni 2019 | 18:36

| Dibaca : 1334

Ilustrasi Dana Kelurahan. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak 54 Kelurahan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) belum maksimal dalam menyerap atau menggunakan anggaran kelurahan tahun anggaran 2019. Hingga Juni 2019 ini, dana yang terserap yang berasal dari APBN tersebut baru dikisaran 40 persen.

Siklus penggaran ditenggarai menjadi penyebabnya, karena anggaran tersebut baru bisa dicairkan per Maret 2019.

Padahal, anggaran dikisaran 370 sampai 380 juta per kelurahan itu sangat strategis untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas sumber daya manusia, karena peruntukannya untuk kegiatan non fisik.

"Iya, 60 persen belum digunakan dana Kelurahan di Tangsel itu," Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie membenarkan hal tersebut saat dihubungi TangerangNews, Rabu (12/6/2019).

Benyamin juga membeberkan, anggaran tersebut peruntukannya untuk kegiatan-kegiatan non fisik, seperti pelatihan, sosialisasi ataupun kegiatan lainnya bagi pemberdayaan masyarakat.

"Peruntukannya dibatasi Surat Edaran Mendagri juga untuk kegiatan non fisik. Untuk pelatihan, meningkatkan ekonomi kreatif dan pemberdayaan masyarakat," jelasnya.

Dikonfirmasi kendala penyerapan anggaran, sosok yang akrab disapa Bang Ben ini berpendapat karena siklus pengganggaran, dimana anggaran tersebut baru ditransfer ke APBD Kota Tangsel pada Maret 2019. Sementara terkait dengan prasyarat pejabat kelurahan setingkat Kasie yang akan mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran, Bang Ben mengakui sudah tidak ada kendala.

"Kalau Kasie minimal satu PNS sudah terpenuhi. Jadi tidak masalah.Tidak semua harus (PNS).  Bisa ditunjuk jadi pelaksana teknis kebijakan nantinya," tukasnya.(MRI/RGI)

BANDARA
Ratusan ABK dari Madrid Tiba di Soetta, 16 Reaktif Rapid Tes

Ratusan ABK dari Madrid Tiba di Soetta, 16 Reaktif Rapid Tes

Jumat, 29 Mei 2020 | 14:15

TANGERANGNEWS.com–Sebanyak 467 anak buah kapal (ABK) dari Madrid yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang menjalani rapid test COVID-19. Hasilnya, 16 diantaranya dinyatakan reaktif

BISNIS
Es Teler 77 hadirkan Frozen Food, Ready To Eat, Ready To Cook & Catering

Es Teler 77 hadirkan Frozen Food, Ready To Eat, Ready To Cook & Catering

Kamis, 16 April 2020 | 12:55

TANGERANGNEWS.com–Di tengah pandemi COVID-19, Es Teler 77 hadir dengan solusi makanan Frozen Food, Ready To Eat, Ready To Cook dan Catering

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

TANGSEL
Seminggu Longsor Sampah Cipeucang, Begini Kondisi Terkini

Seminggu Longsor Sampah Cipeucang, Begini Kondisi Terkini

Jumat, 29 Mei 2020 | 19:38

TANGERANGNEWS.com-Sekitar 100 ton sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Serpong, Tangsel tumpah ke badan sungai Cisadane

"Belajar dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini, berharaplah untuk hari esok "

Albert Einstein