Connect With Us

Ribuan Jawara Betawi Lebaran di Tangsel

Rachman Deniansyah | Minggu, 23 Juni 2019 | 15:06

Ribuan jawara Tangerang Selatan hadiri Lebaran Jawara serat sekaligus Pengukuhan Forum Silaturahim Persatuan Silat Budaya Tradisional (Forsil Persibrata) di Jaletreng River Park, Setu, Tangsel, Minggu (23/6/2019). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Ribuan jawara Tangerang Selatan hadiri Lebaran Jawara serat sekaligus Pengukuhan Forum Silaturahim Persatuan Silat Budaya Tradisional (Forsil Persibrata) di Jaletreng River Park, Setu, Tangsel, Minggu (23/6/2019).

Dewan Pembina Forsil Persibrata Tangsel, Dudung E. Diredja mengatakan bahwa acara tersebut tentunya berguna sebagai melestarikan kebudayaan betawi. 

“Lebaran Jawara sekaligus pelantikan pengurus Forsil lima tahun kedepan, ini juga bagian dari upaya kami melestasikan kebudayaan Betawi,” jelas Dudung saat di lokasi. 

Dudung menyebut, di Tangsel saat ini telah ada sekitar 120 perguruan silat budaya. Masing-masing dari perguruan silat tersebut, memiliki berbagai jenis aliran jurus silat. 

“Kemarin saya dapat informasi ada 120 berasal dari 9 jenis aliran silat budaya Betawi, diantaranya

Beksi, Cingkrik, Kotek, Jalan Enam, Cimande, Sikun, Seliwa, Troktok dan Gerak Rasa,” bebernya dia. 

Dari banyaknya perguruan silat tersebut, Dudung berharap dengan kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk mengikat silaturahmi khususnya kepada masyarakat betawi yang ada di wilayah Tangsel. 

“Ini akan terus kita gelar setiap tahun. Juga bertujuan untuk mengikat perguruan tidak terpecah-pecah. Di sini, tidak hanya pencak silat tapi juga ada kebudayaan lain seperti palang pintu dan lainnya,” terangnya. 

Lanjutnya, Dudung juga berharap agar materi pencak silat yang merupakan bagian kebudayan Betawi itu dapat menjadi kurikulum di sekolah tingkat SD dan SMP di Tangsel. 

“Berharap supaya pencak silat masuk pilihan ekstra kurikuler. Kita sekarang sedang petakan berapa sekolah SD dan SMP. Kita juga ingin, para guru silat diberikan honor. Kalau mau melestarikan kebudayaan harus sudah dimulai saat ini,” ungkapnya.

Sementara Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, yang menghadiri acara tersebut, mengaku bangga dengan kegiatan Lebaran Betawi, yang menyatukan semua pendekar di tanah Tangsel, serta telah menjaga ruh budaya Betawi sebagai nilai persatuan. 

“Perda tentang kebudayaan Betawi sudah disahkan bersama DPRD Tangsel, Insya Allah itu menjadi untuk melaksanakan dan menjalankan pelestarian Budaya Betawi di Tangsel,” imbuhnya.

Untuk itu, maka perlu adanya kolaborasi antara para pelestari kebudayaan Betawi ini dengan Pemerintah Kota Tangsel.(RAZ/RGI)

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

NASIONAL
Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Petugas Resmi PLN

Kamis, 25 April 2024 | 18:19

Tindak kejahatan dengan modus penipuan kian marak terjadi, salah satunya ialah mengaku sebagai petugas PLN.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill