Connect With Us

Tingkatkan PAD dari Sektor PBB, Bapenda Tangsel Gali Potensi PSU

Rachman Deniansyah | Rabu, 31 Juli 2019 | 21:39

| Dibaca : 382

Bapenda Tangsel menggelar rapat koordinasi potensi PBB di Hotel Grand Zuri, Jalan Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong, Tangsel, Rabu (31/7/2019). (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan membentuk tim peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). 

Indri Sari, Kepala Bidang Pajak Daerah 1 Bapenda mengatakan, tim ini akan melakukan pengecekan data untuk menggali potensi dari tanah fasilitas umum atau prasarana, sarana dan utilitas (PSU) para pengembang yang belum membayarkan pajak bumi dan bangunannya.

Bapenda Tangsel menggelar rapat koordinasi potensi PBB di Hotel Grand Zuri, Jalan Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong, Tangsel, Rabu (31/7/2019).

“PSU yang masih dimiliki oleh pengembang itu masih kewajiban membayar pajaknya ke Pemkot Tangsel, untuk itu Bapenda ingin berkoordinasi dan berbagi data, karena kami juga masih keterbatasan data atas wajib pajak pengembang untuk PSU-nya," ujarnya, saat memimpin rapat koordinasi potensi PBB di Hotel Grand Zuri, Jalan Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Serpong, Tangsel, Rabu (31/7/2019).

Indri mengatakan, pihaknya sudah mendata  data komersialnya. Ia akan menggali sisa tanah yang menjadi jalan atau fasilitas umum lainnya. 

"Sehingga kami bisa koordinasi kepada pengembang untuk mendaftarkan potensi pajak tersebut kepada kami (Bapenda), karena kami keterbatasan data, upaya tersebut belum maksimal, sehingga kegiatan ini diadakan dengan melibatkan DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Dinas Perkimta, Aset Daerah, Dinas Bangunan dan lainnya,” tambahnya.

Baca Juga :

Ia menambahkan, tim ini akan melakukan berbagi data yang bisa dimanfaatkan bersama untuk menggali potensi dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

“Pihak kecamatan akan berkordinasi dengan kelurahan untuk memberikan data perumahan dan pemukiman yang ada di wilayah masing-masing. DPMPTSP dan Bapenda akan _sharing_ (berbagi) informasi terkait data perumahan yang mengajukan IMB, termasuk dengan _siteplan_ (rancangan peta) yang akan dikordinasikan oleh bagian pemetaan, Perkimta akan memberikan data kepada kami PSU yang sudah diberikan oleh pengembang namun belum tercatat sebagai aset, bidang aset akan memberikan data pengembang yang sudah tercatat sebagai aset,” jelasnya.

Sekretaris DPMPTSP Kota Tangsel Eki Herdiana mengatakan, pihaknya akan melakukan berbagi data dengan Bapenda. 

“Kita duduk bareng dan saling berbagi data, tujuannya satu untuk meningkatkan potensi pajak daerah yang belum tergali, dengan duduk bersama ini diharapkan ada potensi besar yang bisa digali dari sektor PBB ini,” singkatnya.(RMI/HRU)

BANTEN
Mayat Membusuk Mengapung di Pulau Tunda

Mayat Membusuk Mengapung di Pulau Tunda

Kamis, 17 Oktober 2019 | 15:49

TANGERANGNEWS.com-Mayat tanpa identitas ditemukan mengapung di Laut Pulau Tunda, Kabupaten Serang, Banten. Tim SAR yang terdiri dari Polisi Air dan Udara Polda Banten dan Basarnas sedang mengevakuasi mayat tersebut.

TOKOH
Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Jadi Rektor UMT, Ini Profil Amarullah

Selasa, 9 Juli 2019 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Ahmad Amarullah resmi ditetapkan sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT) masa jabatan 2017–2021 atau melanjutkan jabatan almarhum Achmad Badawi yang meninggal dunia 4 Juni 2019 lalu.

BISNIS
Miliki 2,5 Juta Mitra Warung, Bukalapak Dorong Usaha Kecil

Miliki 2,5 Juta Mitra Warung, Bukalapak Dorong Usaha Kecil

Selasa, 15 Oktober 2019 | 15:14

TANGERANGNEWS.com-Bukalapak mengklaim memiliki jaringan mitra warung mencapai 2,5 juta. Perusahaan e-commerce ini menyatakan telah jauh meninggalkan pemain serupa.

WISATA
Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Objek Wisata Paling Recomended di Jakarta

Kamis, 28 Maret 2019 | 08:13

TANGERANGNEWS.com-Anda sedang mencari objek wisata terbaik di Jakarta? Meskipun menjadi kota metropolitan dengan tingkat mobilitas yang sangat

"Cobaan, kekalahan dan kegagalan tidak akan menjadi sesuatu yang buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya."

Donny Dhirgantoro