Connect With Us

Lima Anggota KPU Tangsel Dilantik, Ormas Bentrok dengan Polisi

| Rabu, 23 Juni 2010 | 17:59

Demo KPUD Tangsel (tangerangnews / deddy)

TANGERANGNEWS-Lima anggota KPUD Kota Tangsel dilantik KPUD Provinsi Banten, di kantor Wali Kota Tangsel, kemarin. Kelimanya tetap dilantik meski mendapat banyak sorotan masyarakat. Sebelum pelantikan sejumlah organisasi masyarakat yang mencoba masuk ke lokasi pelantikan terlibat bentrok dengan petugas Polres Metro Jakarta Selatan yang mengamankan jalannya persidangan.
 
Kelima orang anggota KPUD Tangsel yang dilantik adalah Agus Supatmo, Samani, Nasrulah, Iman Prawira dan Muhammad Subhan. Menurut anggota KPUD Provinsi Banten Lukman Hakim, mereka yang dilantik adalah yang lolos uji kelayakakan, kepatutan serta punya intergritas dan kemampuan yang telah menjalani seleksi oleh panitia seleksi yang terdiri dari 5 orang. “Setelah menerika 10 orang, kami lalu melakukan rapat pleno, hasilnya ke-lima orang tersebut terpilih,” katanya,hari ini.
 
Lukman membantah jika pembentukan KPUD Tangerang Selatan terkesan dipaksakan, sarat kolusi seperti yang dituduhkan berbagai pihak di Kota Tangsel selama ini.
 
"Semuanya berjalan normatif, sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku," katanya.  Lukman mengatakan, pihaknya telah menjalankan masukan dari KPU Pusat agar membentuk KPUD Tangsel.
 
 
Sementara itu, anggota panitia seleksi Abas Aljauhari ketika dihubungi mengatakan, pihaknya hanya menyampaikan penilaian sesuai dengan ketentuan dan menyerahkan 10 orang yang memiliki nilai tinggi ke KPUD Provinsi Banten. “Sedangkan hasilnya, lima orang itu adalah KPUD Banten yang memutuskan,” tegasnya.
 
Terkait recana kedepan, lima anggota KPUD Tangsel itu akan pekan ini akan langsung menentukan langkah kerja.”Pada awal, kita akan sepakati siapa ketuanya, selanjutkan akan terus dilakukan rapat kerja hingga jadwal Pilkada yang sudah terjadwal pada Oktober 2010 ini,” ujar Muhammad Subhan.   
 
Sementara itu, salah seorang koordinator aksi demonstrasi Boy Sabarudin mengatakan, kualitas kelima anggota KPUD Kota Tangsel itu patut dipertanyakan. Pasalnya, pada 10 besar banyak nama yang sudah lebih berpengalaman dalam menjalankan pemilihan kepala daerah dan netral. “Sedangkan yang kelima ini minim. Kalau seperti ini bagaimana Pilkada besok akan netral,” katanya. Apalagi,  kata  Boy, pelantikannya dilakukan secara tertutup.
 
Ditanya mengenai tertutupnya pelantikan itu, Humas Pemkot Tangsel Gunawan Tangkilisan mengatakan, sebenarnya tidak ada yang ditutupi. Semua ini terjadi lantaran, ruang yang terbatas. “Sebab, dalam Undang-Undang, pelantikan anggota KPU tidak diperkenankan di lokasi lain, hanya diperbolehkan dikantor pemerintahan, seperti wali kota atau gubernur dan kantor KPU,” ujarnya. Sedangkan Kota Tangsel belum memiliki kantor KPU sendiri, akibatnya harus menggunakan kantor yang ruangnya terbatas itu.
 
Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Gatot Eddy mengatakan, pihaknya menerjunkan 400 personel dari Jakarta Selatan untuk mengamankan jalannya pelantikan. “Tadi sempat terjadi bentrok fisik, karena massa yang ingin masuk ke ruang pelantikan, sedangkan ruangnya terbatas. Kalau ruangnya bisa tidak perlu massa memaksa untuk masuk, pasti kita akan perbolehkan,” tegasnya. (dira)
PROPERTI
Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Hadirkan Hunian Premium, Paramount Land Perkenalkan New Matera

Rabu, 3 April 2024 | 06:47

Dalam rangka menghadirkan hunian premium dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, serta akses cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi konsumen kelas atas

BISNIS
Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Selasa, 23 April 2024 | 13:07

Hasil seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 sudah dapat dicek mulai Selasa, 23 April 2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

KOTA TANGERANG
KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

Selasa, 23 April 2024 | 16:35

Seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Tangerang telah dibuka.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill