Connect With Us

Air Situ Gintung Mengandung Penyakit

Dira Derby | Selasa, 31 Maret 2009 | 17:30

| Dibaca : 248

Bendungan Situ Gintung Jebol. Foto ini diambil pada Jumat (27/3/2009) siang. (@Tangerangnews2009 / Dira Derby)


TANGERANGNEWS.com-Air atau lumpur dibekas lokasi bencana jebolnya tanggul Situ Gintung Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan mengandung berbagai macam penyakit. Penyakit itu diantaranya adalah Diare, ISPA, Leptospirosis, tetanus bahkan demam berdarah degue (DBD).


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr Hani Herianto mengatakan, biasanya air yang telah bercampur dengan berbagai macam bangkai dapat menyebabkan penyakit.

Sebab, kata dia, seperti diketahui bersama-sama di lokasi terlihat banyak ditemukan bangkai. Baik bangkai jenazah manusia, bangkai tikus, bangkai anjing, bangkai ayam dan binatang lainnya yang dapat mencemari air.


"Apalagi sama-sama kita cium, baunya (air) sudah menyengat hidung. Lalat-lalat sudah banyak berkerumun. Jika melihat ini kami dapat menyimpulkan air ini dapat mendatangkan penyakit," ujar Hani kepada tangerangnews.com di lokasi evakuasi.

 Untuk itu, kata dia, pihaknya langsung melakukan foging(penyemprotan) bersama Dinas Kesehatan Provinsi Banten serta sejumlah elemen relawan dilokasi yang banyak dikerumuni lalat dan nyamuk.


Selain itu, Hani juga mengatakan, pihaknya juga tengah melakukan pengujian terhadap air atau lumpur di lokasi.
Sejumlah sample (contoh) air mulai dari yang keruh hingga bening sedang diuji sejauh mana tingkat pencemarannya.

"Kita tidak asal mengungkapkan bahwa air di sini berbahaya, semua harus didasari hasil uji pada laboraturium," jelasnya.
Hani menuturkan, biasanya dalam keadaan air seperti itu berbagai macam penyakit dapat merasuki tubuh manusia.
Penyakit itu diantaranya adalah Diare, ISPA, Leptospirosis, tetanus bahkan DBD.

 "Untuk mencegahnya kami mengharapkan masyarakat seusai terkena air di lokasi langsung mencuci baju atau tubuh yang terkena genangan air dengan menggunakan sabun dengan bersih," tuturnya.

OPINI
Korupsi ''Membunuh'' Manusia

Korupsi ''Membunuh'' Manusia

Jumat, 25 Agustus 2017 | 10:00

Justru yang menakutkan bagi kita adalah, kekhawatiran mewabahnya Madaari di negeri kita. Orang yang marah, punya rencana untuk membalas dendam dengan caranya sendiri. Tentu saja kita tak ingin hal itu terjadi. Akan timbul anarkisme massa yang sulit dibend

BISNIS
Strategi Marketing ala Lazada Tingkatkan Penjualan Brand Partner

Strategi Marketing ala Lazada Tingkatkan Penjualan Brand Partner

Rabu, 17 Januari 2018 | 10:00

TANGERANGNEWS.com-Platformdigital kini menjadi salah satu kanal retail pilihan untuk meningkatkan hasil penjualan. Karena dapat menawarkan

NASIONAL
Debu Vulkanik, Penerbangan Menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup

Debu Vulkanik, Penerbangan Menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup

Senin, 27 November 2017 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali ditutup sementara waktu mulai Senin Pagi (27/11/17) pukul 07.15 WITA

TEKNO
Meski Produk Lokal, Advan Masuk 3 Smartphone Terbaik Dunia

Meski Produk Lokal, Advan Masuk 3 Smartphone Terbaik Dunia

Kamis, 21 Desember 2017 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Berkembangnya teknologi komunikasi membuat pertumbuhan industri smartphone di Indonesia pun ikut melesat.

"Dalam hidup, tidak ada seorang pun yang mendapatkan tempat seperti apa yang mereka sangka akan dapatkan. Tapi ketika Anda bekerja dengan keras dan bersikap baik, berbagai hal yang mengagumkan akan terjadi."

Conan O'Brein