Connect With Us

Air Situ Gintung Mengandung Penyakit

Dira Derby | Selasa, 31 Maret 2009 | 17:30

| Dibaca : 381

Bendungan Situ Gintung Jebol. Foto ini diambil pada Jumat (27/3/2009) siang. (@Tangerangnews2009 / Dira Derby)


TANGERANGNEWS.com-Air atau lumpur dibekas lokasi bencana jebolnya tanggul Situ Gintung Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan mengandung berbagai macam penyakit. Penyakit itu diantaranya adalah Diare, ISPA, Leptospirosis, tetanus bahkan demam berdarah degue (DBD).


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr Hani Herianto mengatakan, biasanya air yang telah bercampur dengan berbagai macam bangkai dapat menyebabkan penyakit.

Sebab, kata dia, seperti diketahui bersama-sama di lokasi terlihat banyak ditemukan bangkai. Baik bangkai jenazah manusia, bangkai tikus, bangkai anjing, bangkai ayam dan binatang lainnya yang dapat mencemari air.


"Apalagi sama-sama kita cium, baunya (air) sudah menyengat hidung. Lalat-lalat sudah banyak berkerumun. Jika melihat ini kami dapat menyimpulkan air ini dapat mendatangkan penyakit," ujar Hani kepada tangerangnews.com di lokasi evakuasi.

 Untuk itu, kata dia, pihaknya langsung melakukan foging(penyemprotan) bersama Dinas Kesehatan Provinsi Banten serta sejumlah elemen relawan dilokasi yang banyak dikerumuni lalat dan nyamuk.


Selain itu, Hani juga mengatakan, pihaknya juga tengah melakukan pengujian terhadap air atau lumpur di lokasi.
Sejumlah sample (contoh) air mulai dari yang keruh hingga bening sedang diuji sejauh mana tingkat pencemarannya.

"Kita tidak asal mengungkapkan bahwa air di sini berbahaya, semua harus didasari hasil uji pada laboraturium," jelasnya.
Hani menuturkan, biasanya dalam keadaan air seperti itu berbagai macam penyakit dapat merasuki tubuh manusia.
Penyakit itu diantaranya adalah Diare, ISPA, Leptospirosis, tetanus bahkan DBD.

 "Untuk mencegahnya kami mengharapkan masyarakat seusai terkena air di lokasi langsung mencuci baju atau tubuh yang terkena genangan air dengan menggunakan sabun dengan bersih," tuturnya.

TANGSEL
Rekonstruksi Tewasnya Pelajar Saat Tawuran di Tangsel, Pelaku Peragakan 14 Adegan

Rekonstruksi Tewasnya Pelajar Saat Tawuran di Tangsel, Pelaku Peragakan 14 Adegan

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 17:00

TANGERANGNEWS.com-Satuan Reserse Kriminal Polres Tangsel menggelar rekonstruksi kejadian tawuran pelajar yang menyebabkan satu orang tewas akibat senjata tajam. Rekonstruksi digelar di tempat kejadian perkara (TKP) dengan 14 adegan

PROPERTI
Astra Tol Tamer Siap Sambut Libur Panjang Imlek 2018

Astra Tol Tamer Siap Sambut Libur Panjang Imlek 2018

Senin, 19 Februari 2018 | 12:00

TANGERANGNEWS.com-Menghadapi libur Imlek 2018, ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak (ASTRA Tol Tamer) siap memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna jalan. Baik peningkatan pelayanan transaksi, maupun kondisi jalan hingga pelayanan keamanan.

WISATA
Wisata Bareng Anak ke Bandung? Mending Pakai Kereta

Wisata Bareng Anak ke Bandung? Mending Pakai Kereta

Jumat, 29 Juni 2018 | 08:00

TANGERANGNEWS.com-Selalu ada sejuta alasan untuk kembali ke kota Bandung, apalagi bagi warga di Jakarta. Selain karena jaraknya yang dekat, ada banyak hal yang bisa dilakukan di kota dingin yang suhunya jauh berada di bawah kota Metropolitan Jakarta.

"Kita tidak boleh menerima nasib buruk dan pasrah menerimannya sebagai kutukan. Kalau kita mau hidup bebas, kita harus belajar untuk terbang"

Gie