Connect With Us

Tes PISA Anjlok, Dindikbud Tangsel Akan Geber Budaya Literasi

Rachman Deniansyah | Selasa, 28 Januari 2020 | 21:03

| Dibaca : 247

Kepala Dindikbud Tangsel, Taryono. (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Dunia pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan setelah hasil evaluasi terhadap tiga kemampuan siswa sekolah menengah atas (SLTA) oleh Programme for International Student Assessment ( PISA) diumumkan The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dipublikasikan. 

Tes PISA mengukur kemampuan siswa pada tiga bidang utama, yaitu matematika, sains, dan literasi. Hasilnya tes pada tahun 2018 menunjukkan kemampuan baca siswa Indonesia berada dalam kelompok kurang bersama dengan negara-negara seperti Saudi Arabia, Maroko, Kosovo, Republik Dominika, atau Kazakhstan dan Filipina.

Hasil riset serupa hasilnya memprihatinkan. Hasil riset Connecticut State University bertajuk Most Littered Nation In the World pada Maret 2016 lalu, rangking Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara yang diteliti.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang Selatan tertantang untuk meningkatkan budaya literasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel Taryono mengatakan, program tersebut bertujuan guna mengembangkan karakter para generasi bangsa. 

"Tujuan program ini dalam rangka untuk membangun generasi cerdas, berkarakter, mandiri, dan adaptif," kata Taryono saat dihubungi, Selasa (28/1/2020).

Ia memaparkan, pihaknya akan melakukan berbagaia aksi, diantaranya sosialisasi literasi, serta aktivasi dan optimalisasi perpustakaan.

Selain itu,  peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) harus semakin ditingkatkan untuk mendongkrak minat baca masyarakat.

"Kita Optimalkan 89 TBM di Tangsel," tambahnya. 

Aksi  ini, kata dia, masuk dalam program yang dicanangkan oleh pihaknya, yakni Gerakan Sekolah Bersih Menyenangkan (GBSM). 

"Program kami ini sangat relevan dengan program 'Merdeka Belajar' dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," pungkasnya. (RMI/RAC)

BISNIS
Memiliki Asuransi Sebelum Menikah

Memiliki Asuransi Sebelum Menikah

Senin, 17 Februari 2020 | 13:24

TANGERANGNEWS.com-Mengingat pernikahan merupakan momen penting dan tak terlupakan dan menjadi penanda kehidupan baru maka calon pengantin harus mempersiapkan kesehatan fisik dan mental juga kesehatan finansial

HIBURAN
Pekik Rabu Pagi Enigma di Jalan Gading Serpong

Pekik Rabu Pagi Enigma di Jalan Gading Serpong

Rabu, 29 Januari 2020 | 11:00

TANGERANGNEWS.com-Pekik kurang lebih sekitar 10 pemuda langsung memecah kesunyian malam di Jalan Boulevard Raya Gading Serpong, Gading Serpong, Serpong Utara, Kabupaten Tangerang pada Rabu (29/01/2020) sekitar pukul 02.30 WIB.

NASIONAL
7 Anggota Pramuka Tewas Saat Susur Sungai di Sleman

7 Anggota Pramuka Tewas Saat Susur Sungai di Sleman

Sabtu, 22 Februari 2020 | 10:16

TANGERANGNEWS.com-Tujuh anggota Pramuka SMPN 1 Turi dikabarkan tewas setelah tenggelam terseret arus di sungai Sempor, Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi,

BANDARA
Polisi Sebut Lucinta Luna Positif Konsumsi Amfetamin

Polisi Sebut Lucinta Luna Positif Konsumsi Amfetamin

Senin, 17 Februari 2020 | 20:19

TANGERANGNEWS.com–Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan artis Lucinta Luna positif mengonsumsi Amfetamin yang

"Percayalah Anda Bisa, Saat Ini Anda Telah Setengah Jalan Mencapainya"

Theodore Roosevelt