Connect With Us

Putri Ayu Anisya Beberkan Bahaya Anak Kecanduan Medsos

Rachman Deniansyah | Senin, 10 Februari 2020 | 21:07

Putri Ayu Anisya, Anggota Komisi II DPRD Kota Tangsel saat menjadi narasumber pelatihan kader pendamping Bina Keluarga Balita di Puspemkot Tangsel, Senin (10/2/2020). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Anggota Komisi II DPRD Kota Tangsel Putri Ayu Anisya mewanti-wanti para orang tua untuk mengawasi anak-anak dan balita saat menggunakan ponsel pintar atau gadget. Pasalnya, tidak semua konten di media sosial berpengaruh baik bagi tumbuh kembang anak.

Hal itu dikatakan Putri menyikapi fenomena pola asuh orang tua yang lebih memilih memberikan anak dan balita gadget, daripada memberi ruang interaksi untuk anak.

Fenomena itu, kata Putri, terjadi hampir diseluruh lapisan masyarakat di era digital ini.

"Tak sedikit orang tua saat ini, saat anak rewel, justru diberi gadget, diakseskan You Tobe agar anak tidak rewel. Padahal tidak semua konten berpengaruh positif pada tumbuh kembang anak," ujar Putri kepada awak media usai menjadi narasumber pelatihan bagi kader Bina Keluarga Balita (BKB) yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3KB) Kota Tangsel di Puspemkot Tangsel, Senin (10/2/2020).

Puteri yang juga menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Tangsel menyadari, revolusi industri 4.0 telah merubah perilaku manusia, terutama soal penggunaan perangkat digital. Namun, ia mengatakan, pola interaksi antara anak dan orang tua tetap harus menjadi prioritas.

"Pola interaksi ini akan sangat menentukan karakter dan kepribadian anak pada masa berikutnya. Jika anak sering mengakses konten yang tidak sesuai usia, maka sangat mungkin berdampak buruk pada kepribadian anak," terangnya.

Puteri menambahkan, anak tetap membutuhkan ruang interaksi sesuai dengan perkembangan usia. Pola interaksi yang baik, akan membangun karakter anak yang baik sebagaimana digaungkan oleh Presiden Jokowi, yaitu membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

"Menggunakan gadget secara bijak adalah tantangan ketahanan keluarga saat ini. Orang tua harus benar-benar bijak dan cerdas dalam pola asuh. Karena, kita tidak ingin, generasi masa depan diasuh oleh konten kekerasan seperti di media sosial," pungkas Putri. (RMI/RAC)

SPORT
Masuk Zona Degradasi, Persita Tak Ingin Cemaskan Hasil Tim Lain

Masuk Zona Degradasi, Persita Tak Ingin Cemaskan Hasil Tim Lain

Rabu, 24 April 2024 | 11:53

Persita Tangerang kembali memasuki zona degradasi, tepatnya posisi ke-16 dengan raihan 33 poin dalam klasemen sementara BRI Liga 1 musim 2023/2024.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill