Connect With Us

Benyamin Sebut Fogging Tak Bisa Berantas Chikungunya

Rachman Deniansyah | Jumat, 14 Februari 2020 | 16:32

| Dibaca : 592

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, didampingi Plt Kadinkes Tangsel Deden Deni saat menyambangi lokasi penyebaran virus Chikungunya di Kampung Rawa Lele, Jombang, Ciputat, Tangsel, Jumat (14/2/2020). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

 

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang Selatan tengah berusaha memberantas penyerabaran virus Chikungunya yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie mengatakan, saat ini pihaknya melalui Dinas Kesehatan, telah melakukan beberapa kali fogging guna memberantas penyebaran virus Chikungunya tersebut. 

Namun, kata dia, hal itu tak cukup efektif. Sebab, fogging hanya mampu memberantas nyamuk yang sudah dewasa saja. 

"Kalau fogging itu hanya bisa membunuh nyamuk jantan dan betina dewasa," kata Benyamin saat menyambangi lokasi penyebaran virus Chikungunya di Kampung Rawa Lele, Jombang, Ciputat, Tangsel, Jumat (14/2/2020).

Sementara, kata Benyamin, virus Chikungunya itu harus diberantas dengan memutus mata rantainya, yakni membasmi nyamuk aedes aegypti sejak masih jentik. 

"Caranya kita harus lakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui 3 M, yaitu menguras atau membersihkan, menutup penampungan air dan mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi perkembangbiakan nyamuk. Jadi kita basmi jentik yang ada di air," paparnya. 

Selain itu, kata Benyamin, kebersihan lingkungan pun juga menjadi faktor pemicu lainnya.

"Ini membuktikan secara nyata bahwa perlu kebersihan lingkungan. Dan di situ membuktikan peran serta masyarakat," tuturnya. 

Senada, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Deden Deni mengatakan, cara antisipasi terbaik merupakan dengan menjaga kebersihan. 

"Apalagi musim hujan, biasanya itu diikuti oleh wabah penyakit. Sebetulnya sudah kita antisipasi, nanti kita evaluasi," katanya. 

Deden menambahkan, untuk memantau perkembangbiakan jentik, pihaknya akan menerjunkan Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) di setiap kecamatan. 

"Untuk memantau dan membasmi jumantik. Pokjanal sudah kita bentuk di masing-masing kecamatan," pungkasnya.(RMI/HRU)

TOKOH
Mau Jadi Pengusaha Muda di Tangerang? Ini Tipsnya

Mau Jadi Pengusaha Muda di Tangerang? Ini Tipsnya

Rabu, 26 Februari 2020 | 15:38

TANGERANGNEWS.com-Memulai sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Bisnis kecil yang memiliki sumber daya terbatas, akan menjadi lebih sulit

TEKNO
Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Menristek Sebut Jambu Biji Tingkatkan Imunitas Hadapi COVID-19

Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:40

TANGERANGNEWS.com-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN), Prof Bambang PS Brodjonegoro, melalui

BANTEN
Kebijakan yang Sebaiknya Diterapkan Perusahaan Selama Wabah COVID-19

Kebijakan yang Sebaiknya Diterapkan Perusahaan Selama Wabah COVID-19

Sabtu, 4 April 2020 | 21:54

TANGERANGNEWS.com-Masyarakat di Indonesia khususnya di kota besar seperti Jakarta dan Tangerang tengah was-was dan terus melakukan upaya

TANGSEL
Update 4 April, COVID-19 di Tangsel Tembus 626 Kasus

Update 4 April, COVID-19 di Tangsel Tembus 626 Kasus

Sabtu, 4 April 2020 | 21:43

TANGERANGNEWS.com-Tim Gugus Tugas Penangan virus Corona (COVID-19) Kota Tangerang Selatan kembali mempublikasikan, hingga Sabtu, 4 April

"Kuatkan dirimu, karena semuanya akan menjadi lebih baik. Mungkin sekarang segala prahara menerpa, tetapi percayalah badai pasti berlalu"

Haile