Connect With Us

Dindikbud Tangsel Setuju UN 2020 Ditiadakan

Rachman Deniansyah | Selasa, 24 Maret 2020 | 14:57

| Dibaca : 354

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan Taryono, Selasa (24/3/2020). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang Selatan mendukung penuh keputusan Pemerintah Pusat yang telah meniadakan Ujian Nasional (UN) di tahun 2020 ini.

Keputusan yang sebelumnya ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI itu, kini juga telah diputuskan oleh Presiden Joko Widodo, pada Selasa (24/3/2020).

Adapun, keputusan atas peniadaan UN tahun 2020 ini, didasarkan pada pencegahaan pemerintah terhadap adanya penyebaran virus Corona atau COVID-19 yang kini meluas. 

"Kalau dimintai tanggapannya tentang dialog (keputusan) itu, ya kami tentu saja setuju," Kepala Dindikbud Tangsel Taryono saat dihubungi, Selasa (24/3/2020).

Menurutnya, peniadaan UN ini membuktikan bahwa proses pembelajaran telah dikembalikan seperti semula, yakni kepada sekolah dan para gurunya. 

"Dan itu kembali ke esensi pendidikan. Jadi assesement penilaian di dunia belajar itu, dalam proses pembelajaran menjadi kewenangan sekolah. Memang itu yang benar," paparnya

Kepada TangerangNews, ia menerangkan, hal itu sudah sesuai dengan esensi proses pembelajaran.

Adapun, kata Taryono, proses pembelajaran itu meliputi tiga hal, yaitu perencanaan pembelajaran,  pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi atau penilaian.

"Ketiganya itu adalah kewenangan guru dan sekolah. Jadi kalau itu dikembalikan ke sekolah, berarti itu dikembalikan seperti semula," terangnya.

Menurutnya, peniadaan itu pun kini sangat diperlukan, terlebih karena adanya penyebaran COVID-19 yang kian meluas. 

"Kami semua berharap agar masalah COVID-19 ini segera selesai. Tolong dipublikasikan agar masyarakat tidak keluar kecuali sangat terpaksa," harapnya.

Taryono menambahkan, nantinya UN itu akan digantikan dengan ujian sekolah. Hingga kini, pihaknya pun masih menunggu arahan pemerintah pusat. 

"Ini belum resmi. Prinsipnya setuju, tapi pelaksanaannya tentu menunggu edaran resmi dari Pak Menteri (Pendidikan)," pungkasnya.(RAZ/HRU)

WISATA
Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Pemkot Tangsel Sulap Bantaran Kali Mati di Jombang Jadi Destinasi Wisata

Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:50

TANGERANGNEWS.com-Penataan kota terus dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel). Sebuah bantaran kali mati di wilayah

KAB. TANGERANG
1 PDP COVID-19 Pasar Kemis yang Meninggal Disebut Anggota Jamaah Tabligh

1 PDP COVID-19 Pasar Kemis yang Meninggal Disebut Anggota Jamaah Tabligh

Selasa, 31 Maret 2020 | 16:52

TANGERANGNEWS.com-Portal Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, _http://covid19.tangerangkab.go.id merilis satu pasien dalam

BANTEN
COVID-19 : Pemkab Tangerang & Pemprov Banten Beda Jumlah Data

COVID-19 : Pemkab Tangerang & Pemprov Banten Beda Jumlah Data

Senin, 30 Maret 2020 | 19:54

TANGERANGNEWS.com-Jumlah warga Kabupaten Tangerang yang terkonfirmasi positif terjangkit virus Corona hingga Senin (30/3/2020) berjumlah 20

NASIONAL
Kominfo: Berjemur Bisa Mematikan Virus Corona Hoaks

Kominfo: Berjemur Bisa Mematikan Virus Corona Hoaks

Sabtu, 28 Maret 2020 | 08:48

TANGERANGNEWS.com-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia merilis bahwa informasi yang beredar di media sosial

"Kuatkan dirimu, karena semuanya akan menjadi lebih baik. Mungkin sekarang segala prahara menerpa, tetapi percayalah badai pasti berlalu"

Haile