Connect With Us

Airin : Kota Tangsel Berpotensi Jadi Bussines City

| Kamis, 12 Agustus 2010 | 17:23

Airin Rachmi Diany (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS-Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dengan segala kemudahan akses dan sarana prasarana yang memadai serta pertumbuhan ekonomi perdagangan dan jasa, akan mengarahkan Kota termuda di Banten ini menjadi Bussines City. Hal itu dikatakan calon walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Hj Airin Rachmi Diany, dalam sebuah kesempatan dialog di BSD, Kamis (12/08).
 
“Kota Tangsel berpotensi menjadi Bussines City, tentunya apabila dibarengi dengan peningkatan pembangunan sektor perdagangan dan jasa sebagai mainstream yang dapat menciptakan stabilitas dan pemerataan ekonomi dengan dukungan sistem investasi dan pengembangan sektor lain yang potensial,” ungkap peraih Magister hukum dari Universitas Padjajaran (Unpad) ini.
 
Airin menambahkan, fungsi kota sebagai sentra perdagangan dan jasa harus diorientasikan pada kemajuan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sesuai denga kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada. Kota Tangsel memiliki letak yang sangat strategis, yaitu berada dalam  konstelasi kawasan Jabodetabek.
 
Menurut Airin, dari sudut pandang internal, kondisi jaringan jalan relatif memadai, namun sebagai penghubung utama antar kota kecamatan, jaringan jalan kota belum berfungsi secara maksimal. Begitu juga kereta api sebagai moda transportasi alternatif untuk melayani rute Jakarta dan Rangkasbitung yang harus melalui Stasiun Serpong juga harus dimaksimalkan.
 
Sedangkan dari sudut pandang eksternal, Airin menambahkan, posisi Tangsel berada pada simpul utama sistem transportasi Jakarta Outer–Outer Ring Road. Dengan posisi itu, memungkinkan Kota Tangsel memainkan peran sebagai buffer-city (penyangga ibukota negara)
 
“Berkat adanya jalur jalan tol, maka akses dari dan ke Kota Tangsel akan semakin mudah. Untuk menunjang fungsi penyangga ibukota dan teras timur Provinsi Banten ini, peningkatan jaringan jalan dan moda trasportasi massal yang aman, cepat dan murah, dan dapat mengatasi kemacetan akan mendukung fungsi dan peran kota yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujar Airin.
 
Selain itu, Ketua Palang Merah (PMI) Kota Tangsel ini menambahkan, akses ke Kota Tangsel juga dapat dicapai dari tol Serpong-Jakarta, tol Tomang-Tangerang, Jalan Raya Puspiptek Serpong, dan Parung Kabupaten Bogor. Apalagi, sekarang sudah ada akses baru melalui jalan tol Tomang-Tangerang di Km 15.4.
 
“Jaringan jalan tersebut akan memudahkan mobilitas warga Serpong dan sekitar ke dan dari daerah Jakarta Barat. Sementara warga yang akan ke daerah Jakarta Selatan dapat menggunakan jalan tol Serpong-Jakarta, di mana jarak Serpong-Pondok Indah dapat ditempuh hanya dalam waktu 10 menit,” ungkapnya.
 
Dikatakan Airin, selain kemudahan akses dalam transportasi, beberapa pengembang swasta juga kini telah merencanakan membangun Office Park di Central Business District (CBD) yang nanti akan ditandai dengan pembangunan berbagai gedung tinggi berkonsep Superblock (sejenis condomminium) menyerupai Orchard Road di Singapura.
 
Pada tahap pertama pembangunannya, pengembang swasta ini akan membangun sebanyak 117 unit ruko dari jumlah total 212 unit yang direncanakan. “Rencana pengembang swasta ini bisa mengundang sekitar 4.000-an industri menengah dan besar yang memiliki pabrik di Tangerang, Serang, dan Cilegon dapat memindahkan kantor pusatnya dari Jakarta ke  Office Park di Central Business District (CBD) ini dengan berbagai fasilitas rekreasi yang memanjakan pengguna. Dengan rencana besar tersebut, maka Tangsel akan menjadi sebuah Business City di Teras Timur Provinsi Banten,” tandas Airin (Adv)
 
TANGSEL
Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Viral Aksi Dramatis Evakuasi Kucing Terjebak di Ruko Kosong di Bintaro Tangsel

Jumat, 19 April 2024 | 20:50

Beredar video di media sosial proses evakuasi seekor kucing terjebak di ruko, tepatnya di Ruko Kebayoran Square C-08, Bintaro, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

KAB. TANGERANG
Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Sempat Hadang Alat Berat, Pedagang Pasar Kutabumi Tangerang Akhirnya Pasrah Lapaknya Dibongkar

Jumat, 19 April 2024 | 16:30

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akhirnya membongkar ratusan lapak pedagang di Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, setelah sempat dihadang, Jumat 19 April 2024.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill