Connect With Us

Pengamat: Dukungan Arsid ke Benyamin di Pilkada Tangsel Ancam Muhamad

Rachman Deniansyah | Kamis, 6 Agustus 2020 | 14:33

| Dibaca : 3155

Benyamin Davnie bersama Arsid. (Instagram Arsid, @bang_arsid / Instagram Arsid, @bang_arsid )

TANGERANGNEWS.com-Pilkada Tangerang Selatan telah memasuki babak baru. Sejumlah pasangan calon sudah mulai menunjukkan manuver politiknya.

Terbaru, kabar cukup mengejutkan datang dari pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan, yang baru saja mendapat dukungan dari Arsid, tokoh politik senior di Kota Tangsel yang pernah menjadi lawan terkuat Airin-Benyamin di dua Pilkada sebelumnya pada 2010 dan 2015. 

Sama-sama mengeklaim dirinya sebagai putra daerah, dukungan Arsid kepada Benyamin ini dinilai dapat mengancam pasangan calon Muhamad-Rahayu yang kuat dengan dukungan jaringan tradisionalnya. 

Pengamat Politik Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP) Sendy Vicky Sutikno mengatakan hal itu dapat saja terjadi, sebab kekuatan Arsid di Tangsel masih cukup kuat. 

Terlebih dengan jaringan lama yang telah terbentuk hampir sepuluh tahun dan terus dirawat dari momentum ke momentum politik.

"Tak bisa dipungkiri Arsid sebagai lokal strong man di Tangsel punya basis dukungan yang kuat dan solid. Jaringan tradisional dia masih sangat mampu menggiring suara ke TPS,” Sendy Kamis (6/8/2020).

Tentunya hal ini pukulan telak dan pasti merusak peta dukungan warga bagi Muhammad yang mengklaim sebagai putra asli Tangsel. Sementara ada figur lama yang justru mendukung Benyamin-Pilar, bukan Muhamad-Saras.

Dengan adanya dukungan Arsid terhadap Benyamin itu, Sendy menyebut Pilkada Tangsel ini pertarungan antar putra daerah. 

"Ya wajar saja. Tapi Arsid telah membangun jaringan dan trust kepada publik sejak Tangsel berdiri, sementara Muhamad dengan background ASN (Aparatur Sipil Negara), istilahnya baru kemarin sore membangun basis. Hemat saya, meskipun keduanya sama-sama mengklaim Akamsi (anak kampung sini), tapi jelas lebih unggul Arsid dibanding Muhammad," imbuhnya.

Sendy mengatakan, dukungan Arsid di poros Benyamin-Pilar ini harus menjadi perhitungan serius bagi para apsangan calon lainnya.

"Bayangkan saja, dulu dua poros ini yang bertarung sengit merebut dukungan warga Tangsel. Sekarang, dua kekuatan ini bersatu, tentu bakal jadi kekuatan yang dahsyat. Ini yang harus diantisipasi oleh lawan politiknya, baik itu Muhamad-Saras ataupun Nur Azizah-Ruhama Ben yang keduanya belum pernah ikut Pilkada Tangsel," pungkasnya. (RAZ/RAC)

OPINI
Masih adakah Sumpah Pemuda? 

Masih adakah Sumpah Pemuda? 

Kamis, 29 Oktober 2020 | 13:49

Ahmad Romadhon Abdillah

SPORT
Soma Atmaja Jadi Ketua Pengcab Taekwondo Kabupaten Tangerang

Soma Atmaja Jadi Ketua Pengcab Taekwondo Kabupaten Tangerang

Senin, 26 Oktober 2020 | 09:47

TANGERANGNEWS.com-Soma Atmaja terpilih sebagai Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Taekwondo Indonesia (TI) Kabupaten Tangerang periode 2020-2024. Dia menggantikan Achmad Taufik yang telah habis masa jabatannya

TOKOH
Citra Anindya Kepergok Sama Pria Lain

Citra Anindya Kepergok Sama Pria Lain

Senin, 9 November 2020 | 18:38

TANGERANGNEWS.com-Kisah asmara Chef Juna dengan kekasihnya kekasih Citra Anindya

MANCANEGARA
Tak Sadar Terekam CCTV, Polisi Ini Berhubungan Disaat Jam Kerja

Tak Sadar Terekam CCTV, Polisi Ini Berhubungan Disaat Jam Kerja

Jumat, 20 November 2020 | 13:24

Dua orang anggota Polisi, yakni polisi wanita dan pria berbuat nekat dengan berhubungan badan saat di jam dan ruang kerja.

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil