Connect With Us

Dampingi Ma'ruf Amin Ziarah, Azizah Kenang Kepahlawanan Raden Aria Wangsakara

Rachman Deniansyah | Kamis, 6 Agustus 2020 | 21:03

| Dibaca : 1688

Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin dan keluarganya saat jiarah ke makam Raden Aria Wangsakara di Desa Lengkong Kulon, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Kamis (6/8/2020). (TangerangNews.com / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Wilayah Tangerang tak terlepas dari kisah kepahlawanan Raden Aria Wangsakara. Salah satu pendiri Tangerang bersama dua arya lainnya yaitu Aria Santika dan Aria Yuda Negara itu selalu dikenang masyarakat, tak terkecuali Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin dan keluarganya.

Bersama puterinya, Siti Nur Azizah, Ma'ruf Amin berziarah ke makam Raden Aria Wangsakara di Desa Lengkong Kulon, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Kamis (6/8/2020) sore.

Turut mendampingi orang nomor dua di Republik Indonesia ini, Ibu Wakil Presiden Wuri Estu Handayani, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, sejumlah ulama Tangerang Selatan, seperti Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam, Pimpinan Ponpes Assadah KH Ahmad Ghozali dan KH Irfan.

"Ini buyut saya, pendiri Tangerang. Pangeran Aria Wangsakara. Kami ke sini tentunya untuk berziarah, berdoa, dan tahlil bersama Abah dan Ibu," ujar Siti Nur Azizah mewakili Ma'ruf Amin.

Azizah menambahkan, berdasarkan rekam jejak dan sejarah perjuangan Raden Aria Wangsakara di masa penjajahan Belanda, pihaknya pun akan mendorong agar leluhurnya tersebut tercatat sebagai salah satu pahlawan nasional, karena telah banyak berjasa melawan penjajahan Belanda pada masa kolonial dulu.

"Kita akan mendorong (menjadi pahlawan nasional), karena beliau berjuang melawan penjajahan di Tangerang pada zaman VOC (Belanda). Terlebih beliau juga sebagai pendiri Tangerang dan Bupati pertama Tangerang," terang Azizah.

Sementara itu, Tubagus Nurfadil selaku Wakil Ketua Bidang Sejarah Balai Adat Keariaan Tangerang menambahkan Wakil Presiden RI memiliki garis keturunan langsung dari Ayah maupun Ibunya dengan Bupati Tangerang pertama tersebut.

"Betul, jadi KH. Ma'ruf Amin ini ada silsilah, yaitu dari ibu dan bapaknya (Raden Aria Wangsakara)," katanya.

"Kalau silsilah garis ibunya itu nyambung ke silsilah garis keluarga Tanara, termasuk kerabat dari pada Sanawi Tanara. Nah beliau (KH. Ma'ruf Amin) keluarga dari garis ayahnya beliau (Samawi Tanara). Nanti ada lagi dari garis nenek buyutnya dan bersambung kepada Aria Wangsakara, yang merupakan tokoh Tangerang dan beliau sebagai imam kesultanan Banten," pungkasnya.(RMI/HRU)

BISNIS
Airlangga: Perluasan Industri Didorong Melalui Pembentukan Pusat-pusat Kegiatan Ekonomi Baru

Airlangga: Perluasan Industri Didorong Melalui Pembentukan Pusat-pusat Kegiatan Ekonomi Baru

Rabu, 25 Mei 2022 | 11:45

Dalam momentum pemulihan ekonomi pasca-pandemi saat ini, industri merupakan salah satu sektor produktif yang memainkan peran penting dalam mengakselerasi geraknya roda perekonomian.

MANCANEGARA
Pebisnis Gembira, Elon Musk hingga Bill Gates Bakal Datang ke Indonesia

Pebisnis Gembira, Elon Musk hingga Bill Gates Bakal Datang ke Indonesia

Selasa, 24 Mei 2022 | 13:02

Sejumlah pebisnis top level dunia seperti pendiri SapceX Elon Musk hingga pendiri Microsoft Bill Gates bakal berkunjung ke Indonesia. Keduanya telah mengonfirmasi kehadiran pada B20 Summit di Bali pada November mendatang.

PROPERTI
BTN Gelar Pameran Properti, Serpong dan Bintaro Jadi Kawasan Favorit

BTN Gelar Pameran Properti, Serpong dan Bintaro Jadi Kawasan Favorit

Senin, 16 Mei 2022 | 16:23

TANGERANGNEWS.com-PT Bank Tabungan Negara (BTN) (Persero) Tbk kembali menggelar Indonesia Property Expo (IPEX) ke-38 pada tanggal 15 Mei hingga 22 Mei 2022, di Hall A Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta.

SPORT
Mesut Ozil Bakal Kunjungi Pabrik Concave di Cikupa Tangerang

Mesut Ozil Bakal Kunjungi Pabrik Concave di Cikupa Tangerang

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:56

TANGERANGNEWS.com-Bintang sepak bola asal Jerman Mesut Ozil akan mengunjungi Indonesia. Perjalanannya ke Indonesia tersebut diumumkan melalui akun twitternya.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill