Connect With Us

Jumlah Pengemis di Tangsel Meningkat

| Minggu, 22 Agustus 2010 | 13:29

flyover Ciputat (tangerangnews / dira)

TANGERANGNEWS-Menjelang Lebaran, jumlah pengemis yang beroperasi di wilayah Kota Tangsel bertambah. Bahkan, penambahan itu mencapai dua kali lipat ketimbang hari-hari sebelumnya. Para pengemis itu datang dari berbagai wilayah di DKI dan kota-kota lain seperti Magelang, Klaten, dan Solo.

Kepala Dinas Sosial Zainal Aminin mengatakan, penambahan jumlah pengemis terjadi hampir setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sebagian besar pengemis sudah datang sejak memasuki bulan Ramadan.
 
Mereka memanfaatkan momen yang menurut mereka akan banyak orang-orang yang bersedekah di bulan puasa itu. 'Jumlahnya dipastikan meningkat, bahkan sampai dua kali lipat. Tapi ini sangat sulit dikendalikan karena banyak orang berdatangan ke Tangsel dengan bermacam-macam kepentingan,' ujarnya saat di hubungi TangerangNews.com, Minggu (22/8).

Aminin mengakui, dinasnya belum bisa berperan banyak dalam menekan angka pengemis di Tangsel yang terus melonjak. Hal ini disebabkan karena jumlah pengemis yang terus meningkat karena bermunculan pengemis baru dibandingkan pengemis lama. “Kondisi ramadhan ini yang membuat orang lebih mudah bersedekah dan menjadi pemicu munculnya pengemis baru,” katanya.
 
Tak dipungkiri, di berbagai perempatan lampu merah, jumlah pengemis di siang hari pada bulan Ramadan bukannya berkurang, tapi malah semakin banyak. Di jembatan penyebrangan kawasan Mall WTC Serpong misalnya.
 
“Jika sebelum Ramadan pengemis ibu dan anak-anak yang tampak di sana sekitar 2-3 orang, sejak Ramadhan, menjelang sore hari jumlahnya bertambah hingga 10 orang.” ujarnya

Berdasarkan data yang dimiliki Dinsos jumlah pengemis di Kota Tangsel ada 400 orang. Mereka tersebar dibeberapa lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya para pengemis, yakni Bundaran perumahan Alam Sutera, lampu merah depan Jombang, lampu merah Ciputat serta sepanjang jalan Serpong. (deddy) 
 
 
KOTA TANGERANG
Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Simak Daftar 25 Cabang Olahraga dalam POPDA XI Banten di Kota Tangerang 

Jumat, 26 April 2024 | 14:27

Sebanyak 25 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XI Banten, yang berlangsung di Kota Tangerang pada8 Juni 2024 mendatang.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill