Connect With Us

Mahasiswa UPJ Tangerang Bangun Akses Air Bersih di Desa Cianjur

Rachman Deniansyah | Selasa, 15 September 2020 | 18:39

| Dibaca : 366

Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Tangerang saat akan diberangkatkan ke Desa Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Tangerang yang tergabung dalam Tim Dari Kami Untuk Negeri (Dakauri), melakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di Desa Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Dakauri hadir sebagai bentuk kepedulian para mahasiswa untuk membantu masyarakat sekitar. Ini sebagai bagian dari Tridarma perguruan tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Chaerul Anwar, pembina Dakauri, Selasa (15/9/2020).

Keberangkatan tim sendiri dilepas secara langsung oleh Rektor UPJ Leenawaty Limantara, di kampus yang berlokadi di Ciputat, Kota Tangsel, pada Jumat (12/09) lalu.

Kegiatan yang terangkum dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2020 ini, bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Diantaranya melalui upaya peningkatan aksesibilitas, sanitasi lingkungan, penyelesaian krisis air bersih yang akan dikerjakan selama 12 - 19 September 2020.

“Jadi kami fokus pada pembangunan pipa sejauh kurang lebih 2 KM untuk penyaluran air bersih ke penduduk desa. Ada 48 mahasiswa UPJ juga yang melakukan pelatihan untuk anak-anak sekolah, pemuda karang taruna, dan juga penyuluhan dari tim dosen ke warga,” terang Chaerul.

Menurutnya, tahun ini menjadi sangat berarti, sebab Dakauri akan mampu berbuat lebih setelah Kemdikbud menganugerahi dana hibah PHP2D tahun 2020. Hibah ini didapatkan setelah berkompetisi dengan banyak sekali perguruan tinggi. 

Sedangkan PHP2D sendiri adalah program Kemdikbud yang memberi ruang serta peluang bagi para agen perubahan, melalui unit-unit kegiatan mahasiswa di kampus tempat mereka menimba ilmu.

Ruang serta peluang untuk memberdayakan masyarakat desa menjadi masyarakat yang aktif, mandiri, berwirausaha dan sejahtera.

Kedepannya, Chaerul berharap Dakauri akan terus memberi kehidupan, membawa perubahan dengan ‘Langkah Kecil untuk Membangun Negeri’.

"Kami juga akan melakukan beberapa kegiatan bakti sosial dan pelatihan di sejumlah tempat di Banten dan Jawa Barat, tentunya yang dekat dengan kampus UPJ. Selain itu juga kegiatan pelatihan dab penyuluhan kepada anak-anak sekolah atau pemuda karang taruna masyarakat desa maupun urban,” tutupnya.(RAZ/HRU)

OPINI
Masih adakah Sumpah Pemuda? 

Masih adakah Sumpah Pemuda? 

Kamis, 29 Oktober 2020 | 13:49

Ahmad Romadhon Abdillah

SPORT
Soma Atmaja Jadi Ketua Pengcab Taekwondo Kabupaten Tangerang

Soma Atmaja Jadi Ketua Pengcab Taekwondo Kabupaten Tangerang

Senin, 26 Oktober 2020 | 09:47

TANGERANGNEWS.com-Soma Atmaja terpilih sebagai Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Taekwondo Indonesia (TI) Kabupaten Tangerang periode 2020-2024. Dia menggantikan Achmad Taufik yang telah habis masa jabatannya

TANGSEL
Dor Dor! Pelaku Pencabulan di Tangsel Akhirnya Ditangkap

Dor Dor! Pelaku Pencabulan di Tangsel Akhirnya Ditangkap

Sabtu, 28 November 2020 | 08:25

TANGERANGEWS.com-Pelaku pencabulan seorang anak perempuan berusia

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil