Connect With Us

Ini Cara Penyaluran Bansos COVID-19 di Tangsel Tepat Sasaran

Rachman Deniansyah | Minggu, 20 September 2020 | 16:23

| Dibaca : 872

Kepala Dinas Sosial Tangerang Selatan Wahyunoto Lukman saat di ruanganya, Tangerang Selatan, Minggu (20/9/2020). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Kepala Dinas Sosial Tangerang Selatan Wahyunoto Lukman memastikan penyaluran bantuan sosial dalam jaring pengamanan dampak pandemi COVID-19 telah dilakukan sesuai aturan pemerintah. 

Hal itu didukung dengan penerbitan surat edaran bernomor 460/1390/Dinsos/V/2020 tentang pelaksanaan jaring pengaman sosial dalam penanganan pandemi COVID-19 di Kota Tangsel, demi efektifnya penyaluran bantuan sosial.

Dalam menyalurkan itu ada beberapa langkah yang disiapkan Pemerintah Kota Tangsel sebelum menyalurkan bantuan, seperti memastikan penerima manfaat merupakan penduduk yang benar-benar terdampak pandemi COVID-19 dan masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

“Sinkronisasi dan harmonisasi data penerima bantuan sosial sesuai kriteria dan keadaan faktual di lapangan melalui verifikasi, validasi, penambahan, penghapusan dan perbaikan data lainnya secara berkesinambungan,” ujar Wahyu, Minggu (20/9/2020).

Maka, dengan cara itu Wahyu memastikan tak ada data ganda dalam penyaluran bansos tersebut.

Untuk memastikannya, seluruh data penerima bansos kini dapat diakses oleh siapapun di website resmi Pemkot Tangsel. Data itu memiliki format PDF dan tidak bisa di konversi ke format lainnya. 

"Karena ada kemungkinan muncul kesalahan beberapa data saat proses konversi itu. Bisa jadi bahkan ada data yang tidak terbaca," imbuhnya. 

Seluruh data yang telah dipublikasi itu juga dipastikan sudah sesuai, sebab telah melewati tahap verifikasi yang dilakukan oleh Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Data ini bahkan sudah dilakukan audit. Mekanisme penyaluran bantuan sosial yang dilakukan Pemerintah Kota Tangsel ini bahkan telah mendapat apresiasi dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (RAZ/RAC)

NASIONAL
Penolakan UU Cipta Kerja Munculkan Seruan Pembangkangan Sipil di Indonesia

Penolakan UU Cipta Kerja Munculkan Seruan Pembangkangan Sipil di Indonesia

Jumat, 23 Oktober 2020 | 08:34

TANGERANGNEWS.com-Undang-undang Cipta Kerja yang sudah disahkan oleh

TEKNO
Kenapa Anda Harus Beralih ke Lampu LED?

Kenapa Anda Harus Beralih ke Lampu LED?

Rabu, 30 September 2020 | 13:30

TANGERANGNEWS.com-Seiring berjalannya waktu kemajuan teknologi semakin penuh inovasi, seperti lampu LED (Light-Emitting Diode) yang telah dirancang untuk bereaksi terhadap gerak dan cahaya

KAB. TANGERANG
Sepekan Menikah Cekcok dengan Istri, Pria Bunuh Diri di Tigaraksa Tangerang

Sepekan Menikah Cekcok dengan Istri, Pria Bunuh Diri di Tigaraksa Tangerang

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 20:50

TANGERANGNEWS.com-Firman Erison,31, warga Kampung Sukamulya RT 03/03 Kecamatan

SPORT
7 Bulan Terhenti, Persita Harap Kepastian Kelanjutan Liga 1 2020

7 Bulan Terhenti, Persita Harap Kepastian Kelanjutan Liga 1 2020

Jumat, 16 Oktober 2020 | 17:57

TANGERANGNEWS.com–Persita Tangerang menyayangkan belum pastinya kelanjutan

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil