Connect With Us

2 WNA Terpapar COVID-19, Ratusan Pencari Suaka di Tangsel Jalani Tes Usap

Rachman Deniansyah | Rabu, 28 Oktober 2020 | 12:15

| Dibaca : 360

Petugas medis saat menjalani tes usap atau swab test terhadap warga negara asing (WNA) di wilayah Kelurahan Isangan, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Rabu (28/10/2020). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

TANGERANGNEWS.com-Ratusan warga negara asing (WNA) pencari suaka yang bermukim di wilayah Kelurahan Isangan, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, menjalani tes usap atau swab test, Rabu (28/10/2020).

Kepala Puskesmas Pisangan Enting Susilawati menjelaskan, pemeriksaan serempak itu dilakukan sebagai langkah penelurusan (tracing) terhadap dua WNA asal Afganistan yang sebelumnya telah dinyatakan positif COVID-19.

"Setidaknya ada sebanyak 103 orang yang kami tes hari ini. Ada yang sudah berkeluarga dan ada juga yang masih single atau lajang," ujar Enting di lokasi.

Pemeriksaan tersebut dilakukan kepada seluruh warga pencari suaka. Tak hanya orang dewasa, tes usap itu juga dilakukan kepada para anak kecil.

Petugas medis saat menjalani tes usap atau swab test terhadap warga negara asing (WNA) di wilayah Kelurahan Isangan, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Rabu (28/10/2020).

"Mereka ini bermacam-macam, ada yang dari Myanmar, Afganistan, Somalia, dan negara lainnya. Mereka di bawah naungan IOM (International Organization for Migration)," katanya.

Guna memaksimalkan langkah tracing ini, hasil tes usap ditargetkan akan keluar selama tiga hari. 

"Untuk lebih cepat memutus mata rantai COVID-19 maka hari ini dilakukan tes swab. Walaupun hari ini libur, tapi Labkesda tetap buka. Jadi kita bisa mengirim ke sana. Biasanya tiga hari, ya mudah-mudahan Sabtu sudah ada hasilnya," tutur Enting.

Jika nantinya terdapat WNA yang dinyatakan positif, Enting menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan instansi lain terkait rujukannya.

"Kemungkinan nanti dirujuk lagi ke Wisma Atlet, Jakarat Pusat, seperti yang direkomendasikan Dinas Kesehatan," pungkasnya. (RAZ/RAC)

TOKOH
Harsono Berpulang, PWI Tangerang Banten Berduka

Harsono Berpulang, PWI Tangerang Banten Berduka

Senin, 30 November 2020 | 08:39

TANGERANGNEWS.com-Haji Harsono Rahardjo telah berpulang menghadap

MANCANEGARA
Maradona Meninggal, Ini Kronologinya

Maradona Meninggal, Ini Kronologinya

Kamis, 26 November 2020 | 11:38

TANGERANGNEWS.com-Pemain sepakbola legenda asal Argentina Diego Maradona meninggal dunia di usia ke 60 tahun

KAB. TANGERANG
Ngaku Cari Rumah Pak RT, Wanita Ini Ternyata Maling di Kelapa Dua Tangerang

Ngaku Cari Rumah Pak RT, Wanita Ini Ternyata Maling di Kelapa Dua Tangerang

Selasa, 1 Desember 2020 | 12:29

TANGERANGNEWS.com-Rumah warga di Bencongan City, RT 07/10, Kecamatan Kelapa

NASIONAL
Sinar Mas Kerja sama dengan Jepang, Garap Infrastruktur di Indonesia

Sinar Mas Kerja sama dengan Jepang, Garap Infrastruktur di Indonesia

Jumat, 13 November 2020 | 10:25

TANGERANGNEWS.com-Sinarmas Land Ltd, induk perusahaan PT Bumi Serpong Damai Tbk membentuk perusahaan patungan dengan Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport & Urban Development (JOIN)

"Putuskan Hubungan pada orang palsu untuk alasan yang benar. Bukan memutuskan orang benar dengan alasan Palsu."

Rather Aadil