Connect With Us

Pilkada di tengah Pandemi, Partisipasi Pemilih Tangsel Ditargetkan Hanya 77 Persen

Rachman Deniansyah | Sabtu, 5 Desember 2020 | 16:11

Komisioner KPU Tangsel Ajat Sudrajat. (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan menargetkan angka partisipasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mencapai 77 persen. 

 

Hal tersebut dikatakan Komisioner KPU Tangsel, Ajat Sudrajat saat ditemui di wilayah Serpong, Tangsel, Sabtu (5/12/2020). 

 

"Terkait target partisipasi pemilih sebagaimana yang ditargetkan oleh KPU RI itu sebesar 77 persen," papar Ajat kepada awak media. 

 

Ajat menuturkan untuk mencapai target tersebut, tantangan kini yang dihadapi memang terbilang cukup berat. 

 

Sebab kontestasi politik lima tahunan ini, kini diselenggarakan di tengah pandemi COVID-19, virus yang telah menyebar hampir sembilan bulan lalu. 

 

"Target itu diputuskan sebelum masa COVID-19. Artinya, ketika dalam keadaan COVID-19, tantangan partisipasi ini tentu adalah bagaimana meyakinkan pemilih datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara)," terang Ajat.

 

Tantangan itu harus dijawab dengan meyakinkan para pemilih hingga merasa tenang, jika datang ke TPS. 

 

"Merasa tenang, merasa tidak riskan, dan tidak khawatir terkait dengan COVID-19 di TPS.  Mudah-mudahan pemilih datang ke TPS yakin sehingga tidak terjadi klaster COVID-19 di TPS," sambungnya. 

Tentunya untuk mencapai hal itu faktor utama yang harus dilakukan, yaitu memastikan terjaganya protokol kesehatan COVID-19.

 

"Kami sih sudah ikhtiar sudah semaksimal mungkin. Ikhtiar kami dalam hal meyakinkan pemilih datang ke TPS, dengan berupaya semaksimal mungkinlah," tuturnya.

 

Ia pun berharap agar target tersebut dapat tercapai. Target itu, kata Ajat, terbilang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan dua kali pegelaran kontestasi Pilkada sebelumnya. 

 

"Di tahun 2010 itu angka partisipasi masyarakat 62 persen. Kemudian di 2015 memang partisipasi masyarakat turun jadi 57 persen. Jadi memang ini tantangannya sangat besar, kendalanya. Apapun kendalanya, kami akan berupaya berikhtiar semaksimal mungkin untuk capaian angka 77 persen ini bisa tercapai," pungkasnya.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill