Connect With Us

Ribuan Data Penerima BST Ganda, Pemkot Tangsel Berbenah

Rachman Deniansyah | Kamis, 21 Januari 2021 | 20:42

ilustrasi uang insentif. (Istimewa / Istimewa)

 

TANGERANGNEWS.com- Dinas Sosial Kota Tangerang Selatan menemukan adanya ribuan data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang harus diperbaiki, mulai dari adanya data ganda hingga data penerima yang sudah meninggal dunia. 

 

Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Tangsel Wahyunoto Lukman, saat dihubungi, Kamis (21/1/2021). 

 

Ribuan data tersebut, baru ditemukan saat proses penyaluran belum rampung dan masih berjalan. 

 

"Angka yang sudah tersalur dari total 90.173 KK itu, lebih kurang 70.200 sekian. Jadi sudah sekitar 85 persen," kata Wahyu kepada awak media. 

 

Wahyu mencatat, setidaknya terdapat lebih dari 7.000 data. Salah satunya, yakni adanya data penerima ganda. 

 

"Ada persoalan, memang ada data ganda dalam satu keluarga. Contohnya, ada beberapa anggota keluarga yang mendapatkan. Tetapi sudah kita informasikan ke pada PT POS agar diberikan kepada satu orang saja, kepada keluarganya atau kepala keluarganya saja," terang Wahyu. 

 

Selain data ganda, Wahyu juga menemukan data lain yang harus diperbaiki, mulai dari data warga yang sudah meninggal dunia, hingga data penerima yang sudah pindah tempat tinggal. 

 

"Jadi bukan hanya data ganda saja. Total yang harus diperbaiki, diantaranya data (penerima) yang meninggal, yang pindah, dan ada yang perubahan NIK. Sehingga yang terdaftar masih pakai NIK dan data yang lama. Itu data-data yang harus kita perbaiki, lebih kurang ada sekitar 7000-an," paparnya. 

 

Namun meski demikian, ia tetap menampik jika data tersebut bermasalah, melainkan hanya dinamika. 

 

"Data itu jangan disebut data bermasalah, tapi data dinamika. Seperti, kemarin dia terdata ada, hari ini meninggal. Jadi jangan disebut masalah, tapi namanya dinamika. Kemarin dia tinggal di kelurahan A, sekarang pindah, itu bukan bermasalah," ucap Wahyu. 

 

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa dalam pendataannya, Wahyu menggunakan dua jenis  sumber data. 

 

Pertama, data diambil melalui sumber valid yang berasal dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DKTS, dan data non-DTKS.

 

"Data non-DTKS itu data yang diusulkan secara berjenjang mulai dari tingkat Ketua Rukun Tetangga (RT), hingga Dinas Sosial. Yang kedua, data DTKS ini yang punya 46 variabel dengan dinamikanya, seperti warga yang pindah, meninggal, dan lain-lain," pungkasnya

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

KAB. TANGERANG
Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kronologis Kecelakaan Mobil yang Tewaskan 1 Orang dan 4 Luka-luka di Jalan BSD Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:19

Kecelakaan mobil Honda Brio di Jalan BSD Raya Utama, tepatnya di dekat QBig, Kelurahan Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Rabu 27 Maret 2024 malam, mengakibatkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

NASIONAL
Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:34

DPR RI resmi mengesahkan revisi UU Desa dalam rapat paripurna di gedung Nusantara II kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill