Connect With Us

KPU Tangsel : Sumbangan Dana Kampanye Dibatasi

| Senin, 13 September 2010 | 16:41

Pemilukada Kota Tangsel disebut-sebut hanya ada dua kandidat yang berpeluang menang. Keduanya adalah Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie dan Arsid-Andre Taulany . (deddy / tangerangnews)

TANGERANGNEWS- Sumbangan dana kampanye kepada pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel yang akan dilaksanakan kampanye bersama pada 26 Oktober 2010 akan dibatasi.
Menurut anggota KPU Tangsel Nasrulloh kepada TangerangNews.com pembatasan sumbangan dana tersebut telah diatur di dalam Peraturan KPU No.7 Tahun 2010 tentang pedoman audit laporan dana kampanye pasangan calon kepala daerah.
 
"Untuk dana sumbangan dibatasi, batas maksimalnya adalah Rp50 juta untuk pribadi. Sementara sumbangan dari lembaga swasta, maksimal Rp 200 juta", ujarnya . Sementara itu, untuk mengawasi aliran dana kampanye pasangan calon, dia menambahkan, KPU menganggap penting peran lembaga independen seperti halnya akuntan publik yang ditunjuk KPU.
 
"Agar nantinya pemeriksaan rekening dana kampanye pasangan calon bisa lebih fokus dan meminimalisir kesalahan atau kecurangan, maka setidaknya diperlukan kerjasama akuntan publik,” katanya.
 
Direktut LIMA ( Lingkar Madani Untuk Indonesia ) Ray Rangkuti dalam seminar di Wisma Syahida beberapa waktu yang lalu mengatakan, pembatasan aliran dana kampanye sangat diperlukan untuk mendapat jaminan bahwa jangan sampai kandidat yang mempunyai uang banyak yang lebih berpotensi menang.
 
Dari sisi dana kampanye saja, seharusnya dibuka tentang aset keluarga dari calon kepala daerah. Sumbernya pun harus dipastikan, untuk mencegah adanya dana liar yang dipakai untuk membeli pengaruh ketika calon itu menjabat. Selain itu, dari pembatasan sumbangan pun hanya dari sisi perorangan atau badan usaha saja. Sedangkan dari partai politik belum dibatasi.

Namun, yang menjadi sorotan Ray adalah perlu adanya peraturan yang membatasi penggunaan dana itu. 'Total biayanya dibatasi. Kalau tidak dibatasi mereka akan jor-joran untuk ambisi menang,” ungkapnya. (deddy)
 

KOTA TANGERANG
Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Kamis, 18 April 2024 | 09:41

Sejumlah harga sembako di pasar-pasar tradisional Kota Tangerang mengalami penyesuaian usai Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill