Connect With Us

LSM GNPK Pantau Pemilukada Tangsel

| Rabu, 15 September 2010 | 19:57

Pemilukada Kota Tangsel disebut-sebut hanya ada dua kandidat yang berpeluang menang. Keduanya adalah Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie dan Arsid-Andre Taulany . (deddy / tangerangnews)

TANGERANGNEWS- LSM Gerakan Nasional Pemantau Korupsi (GNPK) akan memantau proses pelaksanan Pemilu di Kota Tangsel.  LSM ini ingin mewujudkan Pemilukada  yang bersih.

 
Ada tiga fokus dalam pemantauan ini, yakni politik uang, aliran dana kampanye para calon dan penggunaan fasilitas publik dan negara oleh para calon kepala daerah. "Tiga hal ini yang berpengaruh terhadap kualitas demokrasi," kata Ketua GNPK Imamuddin, hari ini.

Menurutnya, politik uang banyak dilakukan oleh para calon yang bentuknya tak hanya dalam pemberian uang. Namun juga pembagian sembilan bahan pokok dan pengobatan gratis. Politik uang sudah dilakukan sebelum kampanye dimulai, tanpa ada tindakan apapun dari Panwaslu serta Polisi.

“Pemantauan ini kami lakukan murni untuk mengantisipasi praktik jual-beli suara, baik menjelang maupun saat Pemilukada berlangsung,” katanya
lebih lanjut ia mengatakan, pemantauan akan dilakukan di tujuh Kecamatan di Kota Tangsel dan akan mengerahkan sedikitnya 5 sampai  10 orang untuk memantau Pemilukada.

Jika dalam pemantauan nanti ditemukan ada pelanggaran, hasilnya akan diserahkan ke Panwaslu dan jika ditemukan ada pelanggaran pidana, hasil akan dilaporkan ke Kepolisian. “Tujuan utama adalah membantu masyarakat dalam menciptakan demokrasi yang jujur, adil, bersih, dan berpihak kepada rakyat,” katanya.
 
Sementara itu, menurut Ketua Panwaslu Tangsel Muslih Basar mengatakan, panwaslu menyambut baik adanya lembaga independen yang ingin membantu mengawasi jalannya Pemilukada Tangsel.

“Kita sambut baik lembaga yang ingin membantu mengawasi Pemilukada yang pertama di daerah pemekaran ini,” ungkapnya. (deddy)
 
 
 
NASIONAL
1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

Sabtu, 13 April 2024 | 09:24

Sebanyak 1.835 kendaraan terlibat kecelakaan selama arus mudik Lebaran 2024. Hal itu berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

HIBURAN
Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Jadwal Nonton dan Harga Tiket Film Siksa Kubur di Bioskop Tangerang Kamis 11 April 2024

Kamis, 11 April 2024 | 06:53

Sutradara kawakan Joko Anwar mengeluarkan karya ke-10 dalam penyutradaraannya bertajuk "Siksa Kubur".

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill