Connect With Us

Tahun Kedua Berpuasa di Tengah Pandemi, MUI Tangsel Bilang Gini

Rachman Deniansyah | Jumat, 2 April 2021 | 18:24

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Tangerang Selatan, Abdul Rojak saat di wawancarai awak media, Tangsel, Kamis (30/7/2020). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)

 

TANGERANGNEWS.com-Dalam dua pekan mendatang, umat Islam kembali akan menjalankan ibadah puasa bulan suci Ramadan 1442 Hijriah. 

 

Namun dalam pelaksanaannya di tahun ini, Umat Islam kembali dituntut untuk menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi COVID-19, untuk kedua kalinya. 

 

Menanggapi hal itu, Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangsel Abdul Rojak mengimbau kepada masyarakat Tangsel untuk tidak ragu dan tetap rajin menjalani ibadah puasa. 

 

Namun di sisi lain, masyarakat juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan. 

 

"Imbauannya kepada masyarakat tetap untuk rajin beribadah menjalankan puasa seperti biasa. Hanya di musim pandemi ini, harus ditambah dengan mengikuti protokol kesehatan," kata Rojak kepada TangerangNews.com, Jumat (2/4/2021). 

 

Tak hanya ibadah puasa, kepatuhan protokol kesehatan itu juga diharapkan tetap dilakukan dalam pelaksanaan salat Tarawih. 

 

"Solat tarawihnya juga harus disiplin, menerapkan 5M. Dari sisi ritual ibadahnya enggak dirubah. Yang diatur itu adalah tata cara pelaksanaan ibadahnya, dari sisi teknis pelaksanaannya, seperti misal semula awalnya berdekatan, sekarang jaga jarak," tuturnya. 

 

Ia juga mengimbau agar umat Islam harus memperhatikan sejumlah kebiasaan yang dilakukan semasa bulan puasa. 

 

"Terus biasanya kalau selesai salat, biasanya cipika cipiki, kalau sekarang saat pandemi ya dihindari. Tidak usah bersalaman. Biasanya di masjid lama-lama, kalau di pandemi dipercepat. Jadi hanya itu saja. Tapi dari sisi ibadahnya secara normatif tidak ada yang diubah," pungkasnya.

KAB. TANGERANG
PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

PLN Banten Jaga Keandalan Listrik Selama Raker Kernas 2024 di ICE BSD Tangerang

Kamis, 25 April 2024 | 09:19

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memastikan keandalan listrik selama pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Raker Kesnas) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD),

HIBURAN
Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Parto Patrio Bakal Dioperasi, Sakit Apa?

Kamis, 25 April 2024 | 12:21

Viral di media sosial sebuah video menunjukkan komedian Parto Patrio dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

BANTEN
PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

PLN Banten Catat Ada 1.200 Transaksi SPKLU Selama Mudik Lebaran 2024

Selasa, 23 April 2024 | 11:21

Sebanyak 1.200 transaksi terjadi di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) selama masa mudik Lebaran 2024, terhitung mulai 3 hingga 19 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill